Agar Ngopi Berkah, Ini Doa dan Wirid Sebelum Minum Kopi

Jum'at, 25 Juni 2021 - 21:38 WIB
Sebelum minum kopi ada baiknya kita membaca wirid dan doa Al-Fatihah agar ngopiny aberkah dan manfaat. Foto ilustrasi/Ist
Bagi Anda penikmat kopi (qohwah) ada baiknya mengamalkan doa dan wirid ini agar minumannya mendatangkan manfaat dan keberkahan. Doa dan wirid ini diijazahkan oleh Pengasuh Pondok Pesantren An-Nur Lasem Rembang KH Abdul Qoyyum Mansur (Gus Qoyyum).

Doa dan wirid ngopi ini dijelaskan dalam Kitab Tatsbitul Fuad karya Imam Abdullah bin Alawi bin Muhammad Al-Haddad. Seperti dilansir dari iqra.id, Gus Qoyyum menerangkan pada halaman ke-13 jilid ke-2, ada satu bab berjudul Ma yuqalu ‘inda syurbil qahwah (مايقال عند شرب القهوة), yakni doa atau wiridan yang diucapkan ketika hendak minum kopi.

Baca Juga: Asal Mula Masuknya Kopi di Indonesia

Berikut Wiridnya:

1. Waktu Subuh



Apabila hendak minum kopi pada waktu subuh, hendaknya membaca:

Surat Al-Fatihah 1 kali.

Ayat Kursi 1 kali.

2. Waktu Zuhur

Apabila hendak minum kopi pada pada waktu Zuhur, membaca:

Surat Al-Fatihah 1 kali

Surat Quraisy 1 kali

Surat Al-Kautsar 1 kali

Surat Al-Ikhlas 1 kali

3. Waktu Sebelum Sahur

Apabila hendak minum kopi pada waktu sahur secara khusus, membaca zikir ini:

Ya Qawiyyu (يَا قَوِيُّ) sebanyak 166 kali.

4. Waktu Lainnya

Apabila hendak minum kopi pada waktu selain tiga waktu yang dijelaskan di atas, membaca Surat Al-Fatihah dan lebih sempurna ditambah membaca Ayat Kursi.

Wallahu A'lam

Berikut Tausiyah KH Abdul Qoyyum Manshur tentang Doa dan Wirid sebelum minum Kopi Disiarkan Channel Youtube Muhibbin Gus Qoyyum:

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

(QS. Al-Maidah Ayat 110)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More