Begini Jawaban Rabiah Al-Adawiyah Ketika Dilamar Hasan Al-Basri

Selasa, 05 Oktober 2021 - 19:34 WIB
Jawab Rabiah Al-Adawiyah ketika dilamar Hasan Al-Basri: Engkau harus meminta diriku kepada-Nya, bukan kepadaku. (PHOTO ILUSTRASI: THEGLOBALVARIETY/DEVIANT ART)
Imam Hasan Al-Basri ternyata pernah melamar sufi mashur Rabiah Al-Adawiyah . "Aku hidup dalam bayang-bayang kuasa-Nya. Engkau harus meminta diriku kepada-Nya, bukan kepadaku,” jawab Rabiah menolak lamaran itu.



Rabiah al-Adawiyah adalah seorang sufi wanita pertama yang melegenda. Dia dilahirkan di Basra, Iraq, pada era Dinasti Abbasiyah berkuasa tahun 717 M. Meskipun jarak usianya terpaut cukup jauh dengan Hasan al-Basri yang lahir pada tahun 642 M, namun dalam banyak kisah, keduanya digambarkan pernah bertemu dan memiliki kedekatan sebagai sesama sufi.

Berikut adalah salah satu kisah pertemuan Hasan al-Basri dengan Rabiah al-Adawiyah menurut Farid al-Din Attar dalam bukunya berjudul Muslim Saints and Mystics (Tadhkirat al-Auliya’).

Alkisah, suatu waktu Rabiah mengirim Hasan al-Basri tiga benda: sepotong lilin, sebuah jarum, dan sehelai rambut.



“Seperti lilin,” katanya. “Nyalakan dunia, dan dirimu terbakar. Jadilah seperti jarum, selalu bekerja meskipun tidak memiliki apa-apa. Ketika engkau telah melakukan dua hal ini, seribu tahun bagimu akan menjadi seperti sehelai rambut.”

“Apakah engkau ingin kita menikah?” tanya Hasan al-Basri kepada Rabiah Al-Adawiyah.

“Ikatan pernikahan hanya berlaku untuk mereka yang memiliki keakuan,” jawab Rabiah. “Saat ini keakuanku telah lenyap, karena aku telah menghilang dan hanya ada melalui Dia. Aku sepenuhnya milik-Nya. Aku hidup dalam bayang-bayang kuasa-Nya. Engkau harus meminta diriku kepada-Nya, bukan kepadaku.”

“Bagaimana engkau menemukan rahasia ini Rabiah?” tanya Hasan.

“Aku merelakan semua hal yang telah kuperoleh kepada-Nya,” jawab Rabiah.

“Bagaimana engkau mengenal-Nya?” tanya Hasan.

“Engkau lebih suka bertanya, tetapi aku lebih suka menghayati,” kata Rabiah

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Hadits of The Day
Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Manusia yang paling dibenci Allah adalah yang keras kepala dan suka membantah.

(HR. Bukhari No. 6651)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More