Manfaat dan Keutamaan Salat Dhuha Bagi Kesehatan

Rabu, 10 Juni 2020 - 08:51 WIB
"Barang siapa yang melaksanakan salat Subuh secara berjamaah lalu ia duduk sambil berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan salat dua rakaat, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umrah." Beliau pun bersabda, "pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna." (HR Tirmidzi No. 586)

4. Termasuk Salat Awwabin (Orang yang Kembali Taat).

Dari Abu Hurairah radhiyallaahu'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda:

لا يحافظ على صلاة الضحى إلا أواب، وهي صلاة الأوابين

"Tidaklah menjaga salat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat). Inilah salat Awwabin." (HR Ibnu Khuzaimah)

5. Salah Satu Wasiat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam.

Dari Abu Darda' radhiyallahu'anhu, ia berkata:

أَوْصاني حبيبي بثلاثٍ لنْ أَدَعهنَّ ما عشتُ: بصيامِ ثلاثةِ أيَّامٍ من كلِّ شهرٍ، وصلاةِ الضُّحى، وأنْ لا أنامَ حتى أُوتِرَ

"Kekasihku (Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam) mewasiatkan aku untuk tidak meninggalkan tiga perkara selama aku masih hidup: Puasa tiga hari di setiap bulan, Salat Dhuha dan tidak tidur sampai aku salat Witir." (HR Muslim No. 722)

Demikian manfaat dan keutamaan Salat Dhuha. Semoga kita semua dijadikan sebagai hamba-Nya yang menjadi ahli salat Dhuha .(Baca Juga: Doa Salat Dhuha dan Tata Cara Mengerjakannya)
Wallahu Ta'ala A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
وَمَا مَنَعَهُمۡ اَنۡ تُقۡبَلَ مِنۡهُمۡ نَفَقٰتُهُمۡ اِلَّاۤ اَنَّهُمۡ كَفَرُوۡا بِاللّٰهِ وَبِرَسُوۡلِهٖ وَلَا يَاۡتُوۡنَ الصَّلٰوةَ اِلَّا وَهُمۡ كُسَالٰى وَلَا يُنۡفِقُوۡنَ اِلَّا وَهُمۡ كٰرِهُوۡنَ
Dan yang menghalang-halangi infak mereka untuk diterima adalah karena mereka kafir (ingkar) kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak melaksanakan shalat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menginfakkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan (terpaksa).

(QS. At-Taubah Ayat 54)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More