Prioritas Makanan dalam Al-Qur'an

Sabtu, 29 Januari 2022 - 13:24 WIB
Sedangkan ayat-ayat selanjutnya sudah sangat jelas, menegaskan urutan asupan yang terbaik bagi manusia berupa: buah anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, serta hasil kebun berupa buah-buahan lainnya dan rerumputan.

Hanya pada bagian akhir rangkaian ayat tersebut Allah menutup dengan memberikan perhatian pada seluruh makanan kesenangan, dan makanan yang berasal dari hewan.

Perihal tersebut, dinyatakan diakhir rangkaian ayat karena bukan prioritas, meskipun juga bukan sebagai larangan. Setidaknya hal demikian dapat dipahami sebagai peringatan untuk membatasi diri terhadap makanan-makanan kesenangan dan makanan yang berasal dari hewan.

Di akhir rangkaian ayat di atas terdapat keterangan: "Maka apabila datang suara yang memekakkan (telingga) (QS 80: 33). Keterangan tersebut tidak dapat dipisahkan dengan dampak pengaruh makanan itu terhadap kesehatan bagian pendengaran manusia. Waallahu'alam bimurodi.

Dapat dijelaskan bahwa pelanggaran terhadap kaidah tentang asupan makanan tersebut, utamanya akan berdampak langsung pada ganguan pendengaran.

Diketahui bahwa syaraf pendengaran itu dalam kaidah manusia holistik, terhubung dengan bagian lambung, yang menyambung langsung dengan syaraf yang berada di sisi kiri dan kanan atas lambung dan sekat bawah dada yang berpasangan dengan syaraf telinga. Karena itu ganguan pada bagian lambung akut, akan berdampak timbulnya ganguan pendengaran.

Waallahu'alam bishowab.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(mhy)
Halaman :
cover top ayah
وَلۡتَكُنۡ مِّنۡكُمۡ اُمَّةٌ يَّدۡعُوۡنَ اِلَى الۡخَيۡرِ وَيَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمَعۡرُوۡفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمُنۡكَرِ‌ؕ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُفۡلِحُوۡنَ‏
Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

(QS. Ali 'Imran Ayat 104)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More