Kisah Iblis Ikut Konspirasi Rencana Membunuh Nabi Muhammad SAW

Kamis, 03 Maret 2022 - 17:37 WIB
Nabi lolos dari pembunuhan menjelang hijrah ke Madinah (Foto/Ilustrasi: Ist)
Iblis ternyata ikut konspirasi rencana pembunuhan terhadap Nabi Muhammad SAW . At-Thabari dalam "Tarikh al-Rusul wa al-Muluk" mengisahkan orang-orang Quraisy cemas begitu mengetahui Rasulullah SAW mendapat dukungan suku-suku Arab di Yatsrib atau Madinah.

Mereka mengadakan pertemuan untuk membahas masalah tersebut di Darun Nadwah. Menurut Ath-Thabari, soal apa yang dibahas dalam pertemuan itu, Ibnu Abbas meriwayatkan:



Mereka berkumpul bersama untuk tujuan ini dan pada waktu yang telah ditetapkan pergi ke Darun Nadwah untuk berunding di sana tentang Rasulullah.

Pada pagi hari yang telah ditentukan (hari yang disebut al-Zahmah) mereka pergi ke sana, dan Iblis menemui mereka dalam bentuk seorang lelaki tua terhormat yang mengenakan pakaian kasar dan berdiri di pintu rumah.



Ketika mereka melihatnya berdiri di pintu, mereka berkata, “Siapakah orang tua ini?”

Dia berkata, “Aku adalah seorang lelaki tua dari Najd yang telah mendengar apa yang akan kalian bahas dan telah hadir bersama kalian untuk mendengar apa yang akan kalian katakan; mungkin kalian tidak akan kurang menilai jika (mendengar) nasihat yang baik darinya.”

Mereka menjawab, “Tentu saja, masuklah,” maka dia masuk bersama mereka.

Ath-Thabari merinci semua bangsawan Quraisy, dari setiap kabilah, telah berkumpul di sana; dari Bani Abd Shams, Shaybah dan Utbah, anak-anak Rabiah dan Abu Sufyan bin Harb; dari Banu Nawfal bin Abd Manaf, Tuaymah bin Adi, Jubair bin Mutim, dan al-Harits bin Amir bin Nawfal; dari Banu Abd al-Dar bin Qushay, al-Nadr bin al-Harits bin Kaladah; dari Banu Asad bin Abd al-Uzza, Abu al-Bakhtari bin Hisyam, Zamah bin al-Aswad bin al-Muttalib, dan Hakim bin Hizam; dari Banu Makhzum, Abu Jahal bin Hisyam; dari Bani Sahm, Nubayh dan Munabbih, putra-putra al-Hajjaj; dan dari Bani Jumah, Umayyah bin Khalaf. Selain itu ada yang lainnya, beberapa dari Quraisy dan yang lainnya tidak dihitung sebagai Quraisy.

Mereka bicara satu kepada yang lainnya, “Orang ini (Muhammad) telah melakukan apa yang telah dia lakukan, dan kalian telah melihatnya sendiri. Kita tidak dapat memastikan bahwa dia tidak akan menyerang kita dengan para pengikutnya yang bukan dari kita. Jadi, buatlah keputusan mengenai dia.”



Ketika mereka mulai berdiskusi, salah satu dari mereka berkata, “Belenggulah dia dengan rantai, penjarakan dia, dan tunggu hingga dia mati sebagaimana kematian menimpa penyair-penyair lainnya dengan cara ini sebelum dia, Zuhair, al-Nabighah, dan lain-lainnya.”

Orang tua dari Najd (Iblis) itu berkata, “Tidak, demi Allah, ini tidak bijaksana. Jika kalian memenjarakannya seperti yang kalian katakan, berita tentang apa yang terjadi kepadanya akan bocor ke teman-temannya dari balik pintu yang telah kalian kunci untuknya, dan dalam waktu singkat mereka akan menyerang kalian dan membebaskannya dari tangan kalian.

“Kemudian jumlah mereka akan bertambah banyak untuk melawan kalian dan mereka akan merebut kekuasaan dari kalian. Ini tidak bijaksana, jadi pertimbangkanlah hal lain.”

Mereka berdiskusi lagi, dan salah satu dari mereka berkata, “Mari kita usir dia dari orang-orang kita dan asingkan dia dari tanah kita. Ketika dia telah meninggalkan kita, demi Allah, kita tidak akan peduli ke mana dia pergi atau ke mana dia menetap.

“Gangguan yang telah dilakukannya akan lenyap, kita akan terbebas darinya dan kita akan dapat mengatur urusan kita lagi dan mengembalikan keharmonisan sosial kita seperti sebelumnya.”

Orang tua dari Najd itu berkata, “Demi Allah, ini tidak bijaksana. Apakah kalian tidak melihat keindahan kata-katanya, keanggunan bicaranya, dan bagaimana dia menguasai hati manusia dengan pesan yang dibawanya?

“Demi Allah, jika kalian mengusirnya, aku pikir bukan tidak mungkin bahwa dia akan datang ke beberapa suku Arab dan memenangkan mereka dengan kata-kata dan ucapannya sehingga mereka mengikuti dia dalam rencananya.

“Kemudian dia akan memimpin mereka melawan kalian, menghancurkan kalian dengan bantuan mereka, merebut kekuasaan dari tangan kalian dan melakukan kepada kalian apa pun yang dia inginkan. Ambillah keputusan lain tentang dia.”
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ مَرَجَ الۡبَحۡرَيۡنِ هٰذَا عَذۡبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلۡحٌ‌ اُجَاجٌ ۚ وَجَعَلَ بَيۡنَهُمَا بَرۡزَخًا وَّحِجۡرًا مَّحۡجُوۡرًا
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir berdampingan, yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.

(QS. Al-Furqan Ayat 53)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More