Doa Sholat Tahajud dan Waktu Mustajab Mengerjakannya

Selasa, 08 Maret 2022 - 19:12 WIB
Waktu pertama yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam pertama. Sepertiga malam pertama adalah waktu yang berkisar antara setelah sholat Isya hingga pukul 22.00 atau jam 10 malam.

2. Sepertiga Malam Kedua

Waktu berikutnya yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam kedua. Sepertiga malam kedua merupakan waktu yang berkisar antara pukul 22.00 sampai 01.00 dinihari.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu yang paling dianjurkan dan banyak disebut waktu mustajab untuk mengerjakan sholat Tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Waktu sepertiga malam terakhir adalah rentang waktu antara pukul 01.00 hingga memasuki waktu Subuh.

Salah satu anjuran mengerjakan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir terdapat pada Hadits Riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim berikut:

"Setiap malam, Allah 'azza wa Jalla turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia (Allah) berkata, 'Adakah hambaKu yang meminta sehingga pasti akan Kuberikan apa yang dia minta? Adakah hambaKu yang berdoa hingga pasti Ku kabulkan doanya? Adakah hambaKu yang beristighfar sehingga Ku ampuni segala dosanya?"

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
cover top ayah
لَـتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الۡيَهُوۡدَ وَالَّذِيۡنَ اَشۡرَكُوۡا‌ ۚ وَلَـتَجِدَنَّ اَ قۡرَبَهُمۡ مَّوَدَّةً لِّـلَّذِيۡنَ اٰمَنُوا الَّذِيۡنَ قَالُوۡۤا اِنَّا نَصٰرٰى‌ ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّ مِنۡهُمۡ قِسِّيۡسِيۡنَ وَرُهۡبَانًا وَّاَنَّهُمۡ لَا يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ‏
Pasti akan kamu dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan pasti akan kamu dapati orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata, Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani. Yang demikian itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan para rahib, (juga) karena mereka tidak menyombongkan diri.

(QS. Al-Maidah Ayat 82)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More