4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Selasa, 19 April 2022 - 00:24 WIB
Hal ini bertujuan supaya tubuh dapat bekerja lebih efektif dalam melawan penyebab infeksi. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah dengan berpuasa.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat-manfaat puasa yang dapat dirasakan oleh orang yang menjalaninya. Namun, hal yang mesti diingat oleh setiap muslim dalam menjalankan ibadah puasa adalah niat yang tulus dan ikhlas karena Allah semata, bukan karena hal lain.

Meskipun puasa memiliki manfaat medis yang banyak, namun ibadah ini tetap harus diniatkan karena mencari rida Allah. Insya Allah, dengan meniatkan semua perbuatan hanya karena Allah, bukan hanya rida-Nya yang didapat, namun juga manfaat-manfaat lainnya juga.

Umat Islam juga mesti memperhatikan amalan-amalan yang dianjurkan ketika berpuasa. Salah satu contoh sederhana adalah berbuka dengan yang manis dan tidak berlebihan. Hal ini demi menjadikan amalan puasa di bulan Ramadan menjadi lebih bermakna.

Terakhir, ada satu hadis, meskipun diperdebatkan kesahihannya, yang berkaitan dengan tema tulisan ini. Hadis tersebut menjelaskan bahwa puasa akan mendatangkan kesehatan. Hadis tersebut berbunyi:

صوموا تصحوا

Artinya: "Berpuasalah kamu, maka kamu akan menjadi sehat."

Jadi, benarlah apa yang disampaikan Baginda Nabi bahwa puasa akan mendatangkan kesehatan bagi siapa saja yang menjalaninya dengan baik dan benar. Berpuasa bukan hanya soal menahan makan dan minum semata, namun juga soal mencari rida Allah dan meningkatkan pola hidup sehat.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.

(HR. Muslim No. 3948)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More