5 Ayat Yasin tentang Fenomena Alam Berikut Penjelasannya

Jum'at, 02 September 2022 - 05:10 WIB
Ayat berikutnya yang bercerita tentang fenomena alam adalah Surat Yasin Ayat 80. Pada surat ini Allah menyatakan bahwa Dia menjadikan api dari kayu yang kering untuk keperluan manusia. Berikut firman-Nya:

اۨلَّذِىۡ جَعَلَ لَـكُمۡ مِّنَ الشَّجَرِ الۡاَخۡضَرِ نَارًا فَاِذَاۤ اَنۡـتُمۡ مِّنۡهُ تُوۡقِدُوۡنَ


Artinya: "Yaitu (Allah) yang menjadikan api untukmu dari kayu yang hijau, maka seketika itu kamu nyalakan (api) dari kayu itu." (QS Yasin Ayat 80)

Maksud ayat ini, Allah menjadikan api untuk manisia dari kayu yang semula berupa pohon basah dan hijau. Begitu kayu itu kering, maka seketika itu dapat menghasilkan api dan mengambil manfaat darinya.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang Arab terdahulu mengetahui bahwa ada beberapa jenis kayu yang jika digesekkan antara satu dengan lainnya akan memercikkan api. Inilah tanda kebesaran Allah untuk manusia agar mereka bisa menghangatkan badan, memasak, menggunakannya untuk penerangan, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Demikian lima ayat tentang fenomena alam dalam Surat Yasin. Jika kita tadaburi dan renungkan ayat-ayat di atas, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersyukur. Maha Suci Allah dan hanya kepada-Nya lah kita semua kembali.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu? Rasulullah shallallahu 'alahi wa salam menjawab: Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.

(HR. Tirmidzi No. 2251)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More