9 Poin Deklarasi Dai dalam Multaqa Duat Jawa Timur

Jum'at, 09 September 2022 - 23:19 WIB
Para Dai Jawa Timur dari berbagai ormas melakukan deklarasi untuk dakwah yang mempersatukan dan mencerahkan umat di Surabaya dalam Multaqa Duat Jawa Timur di Surabaya, Kamis 8 September 2022. Foto/Ist
Dai dan ormas Islam Jawa Timur menyampaikan deklarasi bersama menyatukan dan memperkokoh umat dalam Multaqa Duat Jawa Timur yang digelar di Surabaya, Kamis 8 September 2022. Ada 9 poin isi deklarasi para Dai dalam acara tersebut.

Multaqa Duat ini dihadiri oleh Dai-dai se-Jawa Timur dan Dai dari Komisi Dakwah dan Ukhuwwah Provinsi Jawa Timut. Hadir dari MUI Pusat KH Dr M Cholil Nafis selaku ketua MUI bidang dakwah dan Ukhuwah sekaligus menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Kiyai Cholil Nafis dalam paparannya mengajak para aktivis dakwah mengedepankan bahasa-bahasa yang mudah dimengerti oleh masyarakat. Para dai juga harus mampu menyampaikan ajaran Islam dengan bahasa yang mudah. Bahkan hal yang sulit pun harus dapat disampaikan dengan gaya bahasa yang mudah.

Menurut Kiyai Cholil, peran Dai bukan untuk manakut-nakuti umat apalagi membuat beban masalah kepada masyarakat, tetapi justru memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Dakwah harus memudahkan tetapi tidak memudah-mudahkan, dakwah menghibur tetapi bukan jadi hiburan yang tanpa makna," katanya.



Prinsip dakwah sebagaimana disampaikan Kiyai Miftahul Akhyar harus mengajak, bukan mengejek. Dakwah itu merangkul, bukan memukul, mendidik bukan membidik, membina bukan menghina, dan mencari solusi bukan mencari simpati.

Kiyai Cholil juga menekankan agar para Dai menjadi pemersatu umat di tengah banyaknya perbedaan. Indonesia yang sangat luas dan majemuk membutuhkan dai-dai yang mempersatukan umat. Bukan dai yang memecah belah umat.

Allah Ta'ala berfirman dalam Al-Qur'an:

اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَةٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَيۡنَ اَخَوَيۡكُمۡ ‌ۚ‌وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat." (QS. Al-Hujurat Ayat 10)

9 Poin Deklarasi Dai

Dalam kegiatan ini, para Dai Jawa Timur dari berbagai ormas melakukan deklarasi untuk dakwah yang mempersatukan dan mencerahkan umat. Untuk diketahui, Multaqa Duat Jawa Timur ini diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia Pusat bekerja sama dengan MUI Provinsi Jawa Timur dan didukung oleh Bank Indonesia.

Berikut 9 poin isi Deklarasi Dai dalam Multaqa Duat Jawa Timur:

1. Siap mendakwahkan Islam ala ahlissunnah wal jamaah.

2. Siap selalu berdakwah untuk menjaga persatuan dan kesatuan umat untuk tegaknya izzul Islam wal muslimin.

3. Siap berdakwah untuk merajut Ukhuwwah Islamiyah, basyariyah dan wathoniyah.

4. Siap selalu berdakwah dengan mengedepankan sikap toleransi baik dalam internal umat Islam, dengan pemeluk agama lain dan dengan umaro.

5. Siap berdakwah untuk membangun kedewasaan umat dalam berpolitik, sehingga politik tidak menjadi sebab perpecahan umat dan perpecahan bangsa.

6. Siap berdakwah menolak segala bentuk ekstremisme, radikalisme dan terorisme baik verbal maupun fisik yang dapat menjadi sumber perpecahan dan konflik di kalangan sesama anak bangsa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari 'Aisyah radhiyallahu 'anha, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Orang yang paling Allah benci adalah orang yang keras kepala lagi suka bermusuhan.

(HR. Muslim No. 4821)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More