11 Adab Membaca Al-Qur'an, Yuk Amalkan!

Senin, 27 April 2020 - 16:19 WIB
11. Membaca di tempat suci seperti di masjid/mushalla dan rumah atau tempat yang dianggap bersih lainnya.

Tingkatan Membaca Al-Qur'an:

Terdapat 4 tingkatan atau bacaan Al-Qur'an dari segi cepat atau perlahan, yaitu:

1). At-Tahqiq: Bacaannya seperti tartil cuma lebih lambat dan perlahan, seperti membetulkan bacaan huruf dan makhrajnya, menepatkan kadar bacaan mad dan dengung. Tingkatan ini biasanya bagi mereka yang baru belajar membaca Al-Qur'an supaya dapat melatih lidah menyebut huruf dan sifat huruf dengan tepat.

2). At-Tartil: Bacaan yang perlahan-lahan, tenang dan melafazkan setiap huruf daripada makhrajnya yang tepat serta menurut hukum-hukum bacaan Tajwid dengan sempurna, merenungi maknanya, hukum dan pengajaran daripada ayat. Tingkatan ini biasanya bagi mereka yang sudah mengenal makhroj huruf, dan hukum-hukum tajwid.

3). At-Tadwir: Bacaan pertengahan antara tingkatan bacaan Tartil dan Hadar, serta memelihara hukum-hukum Tajwid. Tingkatan ini biasanya sering dibaca para imam-imam di Masjid seperti Al-Haram, Nabawi, atau Istiqlal.

4). Al-Hadar: Bacaan cepat namun tetap memelihara hukum-hukum bacaan Tajwid. Tingkatan ini biasanya bagi mereka yang telah menghafal Al-Qur'an, supaya dapat mengulang bacaannya dalam waktu yang singkat.

Wallahu A'lam Bish Showab
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sering berdoa: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari empat perkara, yaitu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu', dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak didengar.

(HR. Ibnu Majah No. 3827)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More