Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Pagi Hari

Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:20 WIB
Yasin merupakan kalbunya Al-Quran dan membacanya setiap pagi akan mendapatkan kebahagiaan. Foto/Ist
Manfaat membaca Surat Yasin setiap pagi hari diyakini dapat mendatangkan kegembiraan bagi pembacanya. Selain diliputi kebahagiaan, orang yang rutin membaca Yasin setiap pagi akan dipermudah dalam urusannya.

Diriwayatkan dari Yahya Ibnu Katsir dia berkata:

بَلَغَنَا أَنهُ مَنْ قَرَأَ يس حيْنَ يُصْبحُ لَمْ يَزَلْ فيْ فَرَح حتَى يُمْسيَ وَمَنْ قَرَأَهَا حيْنَ يُمْسي لَمْ يَزَلْ في فَرَح حَتَى يُصْبحَ

Artinya: "Telah sampai padaku sebuah sabda Rasul bahwa sesungguhnya barang siapa yang membaca Surat Yasin pada waktu pagi, maka ia senantiasa memperoleh kegembiraan sampai sore. Dan jika ia membacanya di sore hari maka ia senantiasa dapat kegembiraan sampai pagi." (Ibid)

Apa yang disebutkan oleh Yahya Ibnu Katsir di atas memang tidak ditemukan dalam Hadis shahih. Namun membaca Surat Yasin setiap pagi termasuk amalan yang sangat baik. Apalagi Surat Yasin disebut sebagai kalbunya Al-Qur'an.



Surat Yasin termasuk surat yang agung dalam Al-Qur'an. Dinamakan Surat Yasin karena diawali dengan Ya Sin. Ibnu 'Abbas mengatakan, Ya Sin bermakna "Ya Insan" (wahai manusia) yakni wahai Muhammad. Demikian pula pendapat Abu Hurairah, 'Ikrimah, adh-Dahhak, Sufyan bin Uyainah dan Sa'id bin Jubair. Menurut mereka, Ya Sin berasal dari logat Habsyah. Sedang Malik yang meriwayatkan dari Zaid bin Aslam menyebutkan arti Ya Sin adalah salah satu dari Asma Allah Ta'ala.

Manfaat lain membaca Yasin pada pagi hari disebutkan dalam keterangan berikut: "Barangsiapa yang membaca Surat Yasin pada pagi hari, maka Allah akan memberi kemudahan baginya pada hari itu hingga sore hari. Dan barangsiapa yang membacanya pada malam hari, maka Allah akan memberi kemudahan baginya pada malam itu hingga besok pagi." (HR ad-Darimi)

Adapun waktu paling afdhol membaca Surat Yasin sebagaimana disebutkan dalam Hadis yakni pada malam hari. Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

Artinya: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thobroni/145, 418 dan Al-Bayhaqi/2360, 2361 dari Abu Hurairah, Ad Darimi/3478 dari Hasan, Disahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Sebagian ulama berkata: "Di antara keistimewaan Surat Yasin, sesungguhnya tidaklah Surat Yasin dibacakan pada suatu perkara sulit, melainkan Allah memudahkannya. Seakan-akan dibacakannya Surat Yasin di sisi orang yang sedang menghadapi ajalnya agar turun rahmat dan berkah serta memudahkan baginya keluarnya ruh."

Bagi yang ingin mengamalkan Surat Yasin boleh dibaca kapan saja, baik pada malam hari maupun setiap pagi setelah sholat Subuh atau waktu Dhuha. Insya Allah bermanfaat dan mendatangkan keberkahan.

Wallahu A'lam

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Para malaikat malam dan para malaikat siang saling bergantian mendatangi kalian. Mereka berkumpul saat shalat Subuh dan Ashar. Kemudian naiklah para malaikat malam (yang mendatangi kalian).  Lalu, Allah bertanya kepada mereka (dan Dia lebih mengetahui semua urusan mereka): Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku ketika kalian meninggalkannya?  Mereka (malaikat) menjawab: Kami meninggalkan mereka sedang shalat dan ketika kami mendatangi mereka, mereka juga sedang shalat.

(HR. Nasa'i No. 481)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More