Amalan dan Doa Gerhana Bulan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Selasa, 08 November 2022 - 15:33 WIB
Saat terjadi gerhana bulan, umat Islam dianjurkan melaksanakan sholat gerhana atau sholat khusuuf dan beberapa amalan lainnya. Foto/Ist
Gerhana bulan (khusuful qamar) diprediksi terjadi pada Selasa (8/11/2022) malam, merupakan momen gerhana bulan total terakhir pada Tahun 2022. Gerhana bulan merupakan satu fenomena di mana cahaya matahari yang melewati permukaan bulan terhalang oleh bumi, sehinga posisi bumi berada pada satu garis lurus dengan matahari dan bulan.

Saat terjadi gerhana bulan, umat Islam dianjurkan melaksanakan sholat gerhana atau sholat khusuuf dan beberapa amalan lainnya. Berikut amalan dan doa gerhana bulan.

1. Sholat Gerhana Bulan (Sholat Khusuf)

Sholat gerhana bulan disebut juga sholat Khusuf. Hukum salat ini adalah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang dianjurkan untuk menyempurnakan sholat wajib. Sholat Khusuf ini bertujuan untuk mengagumi kebesaran Allah, karena terjadinya gerhana bulan merupakan salah satu tanda kebesaran Allah.

Pelaksanaan sholat gerhana bulan biasanya dilakukan ketika mulai terlihatnya gerhana bulan, hingga bulan menjadi normal kembali. Sholat ini dilakukan sebanyak dua rakaat, yang mana setiap rakaat terdiri dari dua kali rukuk dan dua kali berdiri, dua bacaan surat Al-Fatihah dan dua bacaan surat pilihan.



Berikut Niat Sholat Khusuf:

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً/مَأمُومًا لله تَعَالَى


Ushollii sunnatal Khusuufi rak'ataini Imaaman/Makmuuman Lillaahi Ta'ala.

Artinya: "Aku sholat sunnah Khusuuf dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah Ta'ala."

2. Memperbanyak Zikir

Zikir merupakan puji-pujian yang ditujukan oleh Allah yang diucapkan secara berulang-ulang. Ketika terjadi gerhana bulan kita dianjurkan memperbanyak zikir. Salah satu amalan zikir yang bisa dilakukan adalah istighfar.

3. Membaca Sholawat

Saat terjadi gerhana bulan, umat Islam tak hanya dianjurkan untuk berzikir, namun juga membaca sholawat. Sholawat merupakan pujian dan penghormatan atas baginda Rasulullah SAW yang di dalamnya ada doa dan permohonan keberkahan.

4. Bersedekah

Sedekah merupakan salah satu amalan yang juga sangat dianjurkan ketika terjadi gerhana bulan, agar amalan-amalan yang telah dikerjakan menjadi lebih sempurna. Adapun anjuran untuk melakukan amalan-amalan di atas dijelaskan dalam hadis berikut: "Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah, dan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena mati atau hidupnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana, maka banyaklah berdoa kepada Allah, bertakbirlah, dirikan shalat dan bersedekahlah." (HR Al-Bukhari)

5. Berdoa

Saat terjadi gerhana bulan, umat Islam juga dianjurkan memanjatkan doa. Anjuran untuk membaca doa ketika gerhana bulan ialah pada hadis berikut: "Pernah terjadi gerhana matahari dan bulan, maka bangkitlah Rasulullah SAW sholat dan bersabda: "Apabila kamu saksikan hal yang serupa itu, maka segeralah kamu kerjakan sholat dan panjatkan doa dan mohon pengampunan-Nya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Doa-doa Ketika Gerhana Bulan

1. Doa Melihat Gerhana
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Malaikat tidak mau masuk ke rumah yang di dalamnya terdapat patung-patung atau gambar-gambar.

(HR. Muslim No. 3948)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More