7 Fakta Rasulullah SAW Sangat Mencintai Hasan dan Husain

Jum'at, 25 November 2022 - 05:10 WIB
"Kedua cucuku ini adalah wewangianku di dunia." (HR Ibnu Hibban)

4. Rasulullah SAW Sering Mencium dan Mengecupnya

Dari Muawiyah bin Abi Sufyan ia berkata:

رأيْتُ رسولَ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ يَمُصُّ لِسانَه -أو قال: شَفَتَه، يعني: الحسَنَ بنَ عليٍّ صلواتُ اللهِ عليه-، وإنَّه لن يُعذَّبَ لِسانٌ أو شَفَتانِ مَصَّهُما رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ.

Artinya: "Aku melihat Rasulullah SAW mengecup lidah atau bibir Hasan. Sungguh lidah atau bibir yang pernah dikecup Rasulullah tidak akan pernah diazab selama-lamanya." (HR Ahmad)

Periwayatan oleh Muawiyah ini juga menjadi bukti bahwa beliau juga menghormati dan mencintai Sayyidina Hasan. Aqra' bin Haris masuk ke rumah Rasulullah SAW dan mendapati beliau sedang mencium Hasan atau Husain. Aqra berkata: "Anda menciuminya? Aku punya anak sepuluh dan belum pernah mencium satupun dari mereka." Lalu Rasulullah bersabda:

من لايرحم لايرحم

"Siapa yang tidak menyayangi, dia tidak akan disayangi." (HR Muslim)

5. Sering Bermain dengan Rasulullah SAW

Sahabat Jabir berkata: "Aku masuk ke rumah Nabi, ternyata beliau sedang merangkak seperti hewan tunggangan yang ditunggangi oleh Hasan dan Husain. Beliau kala itu bersabda:

نعم الجمل جملكما ونعم العدلان انتما

Artinya: "Sebaik-baik tunggangan adalah tunggangan kalian berdua, dan sebaik-baik pengendara adalah kalian berdua." (HR at-Thabrani)

Ya'la bin Murrah berkata: "Hasan dan Husain pernah berlomba lari menuju Rasulullah ﷺ. Salah seorang dari mereka mendahului yang lain. Rasulullah meletakkan tangannya di lehernya, kemudian beliau memeluk dan menciumnya sambil bersabda:

اني احبهما فاحبهما

"Aku mencintai mereka berdua, maka cintailah mereka." (HR Ahmad)

6. Mendoakan Keduanya Secara Khusus

Ibnu Abbas berkata: "Rasulullah SAW pernah memintakan perlindungan kepada Allah untuk Hasan dan Husain dalam doanya:

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لامَّةٍ

Artinya: "Aku meminta perlindungan kepada Allah untuk kalian berdua dari seluruh setan, binatang beracun dan dari sihir pandangan mata." (HR at-Tirmidzi)

7. Rasulullah SAW Membanggakan Hasan Sebagai Juru Damai Umatnya
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:  Dua kalimat yang ringan diucapkan tetapi berat timbangannya, dan disenangi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala Yang Maha Pengasih yaitu, Subhanallah wa Bihamdihi Subhaanallaahil Azhim (Maha Suci Allah dengan segala pujian-Nya dan Maha Suci Allah Yang Maha Agung).

(HR. Muslim No. 4860)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More