Tafsir Al-Mulk Ayat 27: Keadaan Kaum Kafir Ketika Hari Kiamat Sudah Dekat

Jum'at, 06 Januari 2023 - 22:42 WIB
Ketika hari Kiamat sudah dekat, keadaan kaum kafir yang mendustakan hari akhir berubah menjadi muram sebagaiman digambarkan dalam Surat Al-Mulk ayat 27. Foto ilustrasi/ist
Pada lanjutan tafsir Surat Al-Mulk ayat 27 Allah menceritakan keadaan kaum kafir ketika Hari Kiamat sudah dekat. Sikap mereka yang mengolok Hari Kiamat dan mendurhakai Allah digambarkan dalam ayat ini.

Wajah orang-orang kafir itu menjadi muram ketika melihat azab yang mereka dustakan itu sudah dekat kehadirannya pada Hari Kiamat. Padahal dulunya mereka meminta Kiamat dipercepat.

Berikut firman Allah dalam Surat Al-Mulk Ayat 27:

فَلَمَّا رَاَوۡهُ زُلۡفَةً سِیْٓــَٔتۡ وُجُوۡهُ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا وَقِيۡلَ هٰذَا الَّذِىۡ كُنۡتُمۡ بِهٖ تَدَّعُوۡنَ‏


Artinya: "Maka ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat) sudah dekat, wajah orang-orang kafir itu menjadi muram. Dan dikatakan (kepada mereka), "Inilah (azab) yang dahulunya kamu minta." (QS. Al-Mulk ayat 27)



Mengutip Tafsir Kemenag, ayat ini menjelaskan bahwa hati orang-orang kafir menjadi kecut dan warna muka mereka berubah setelah meyakini akan dekatnya kedatangan azab yang dijanjikan pada hari Kiamat. Mereka berada dalam ketakutan dan penyesalan yang tidak henti-hentinya.

Pada saat itu Malaikat mengatakan, "Inilah hari Kiamat dan azab Allah yang kamu dustakan sewaktu hidup di dunia dahulu. Bahkan kamu selalu meminta-minta kedatangannya."

Pada ayat lain, Allah berfirman yang artinya: "Dan jelaslah bagi mereka kejahatan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka diliputi oleh apa yang dahulu mereka selalu memperolok-olokkannya." (QS az-Zumar ayat 48)

Demikian sekilas gambaran keadaan orang-orang kafir saat datangnya Hari Kiamat. Surat Al-Mulk menceritakan kedurhakaan mereka dan balasan yang mereka terima akibat mendustakan Allah dan Rasul-Nya.

Surat Al-Mulk ini menjadi istimewa karena mengandung banyak hikmah dan pelajaran berharga. Nabi shollallohu 'alaihi wasallam pernah bersabda, siapa yang selalu membaca Surat Al-Mulk (merenungkan maknanya) maka ia akan dilindungi dari siksa (azab) kubur.



Wallahu A'lam
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
cover top ayah
وَاِذَا قُرِئَ الۡقُرۡاٰنُ فَاسۡتَمِعُوۡا لَهٗ وَاَنۡصِتُوۡا لَعَلَّكُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ‏
Dan apabila dibacakan Al-Qur'an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.

(QS. Al-A'raf Ayat 204)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More