Masjid Raya Al Mashun Berarsitektur Eropa Jadi Ikon Kota Medan

Kamis, 14 April 2022 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Masjid Raya Al Mashun merupakan salah satu ikon dari Kota Medan. Masjid ini adalah saksi sejarah kebesaran Kesultanan Melayu Deli. Terletak di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Masjid Raya Al Mashun berdiri kokoh dan megah. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara gaya Timur Tengah, Spanyol, dan India.

Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pembangunan dilakukan di masa Sultan Ma’mun Al Rasyid, dan menghabiskan biaya sekitar 1 juta gulden. Nilai estetika dan etika terlihat dari ornamen yang menghiasi bagian dalam gedung dan sisi luarnya.

Ornamen tersebut dipenuhi dengan berbagai macam motif, seperti flora, fauna, alam, maupun kaligrafi. Keunikan lainnya bentuk masjid yang berbentuk segi delapan dengan pilar utamanya yang sudah menggunakan teknologi beton.

Gaya klasik terdapat pada jendelanya yang menggunakan kaca patri. Serta kubahnya yang menggunakan bentuk kubah bergaya moghul (India). Masjid yang mampu menampung hingga 2.000 jamaah ini masih terjaga keaslian bangunannya sehingga ditetapkan sebagai Warisan Cagar Budaya .

Kontributor : Ahmad Ridwan Nasution
(sir)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
playme/ rendering in 0.8892 seconds (0.1#10.140)