Fadhillah Surah Al-Kahfi, Diterangi Cahaya Hingga Dilindungi dari Dajjal

Kamis, 16 Juli 2020 - 22:52 WIB
loading...
Fadhillah Surah Al-Kahfi, Diterangi Cahaya Hingga Dilindungi dari Dajjal
Salah satu fadhillah membaca Surah Al-Kahfi (terdiri dari 110 ayat) di hari Jumat atau malam Jumat dapat melindungi diri dari fitnah Dajjal. Foto/dok SINDOnews
A A A
Selain menghidupkan Salawat ,ada satu amalan istimewa pada malam Jumat dan hari Jumat yaitu membaca Surah Al-Kahfi (الكهف) atau Gua. Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Kitab suci Al-Qur'an . Barangsiapa yang membaca dan mendawamkannya (istiqamah) akan mendapatkan banyak pahala dan keutamaan.

Untuk diketahui, Surah Al-Kahfi mengandung banyak pelajaran dan kisah-kisah hikmah. Mulai dari kisah penghuni gua (Ashabul Kahfi), kisah Nabi Musa dan Nabi Khidr, kisah Dzulqornain dan Ya'juj dan Ma'juj, serta peringatan hari kebangkitan. Surah ini diturunkan di Makkah (surah Makkiyyah) terdiri dari 110 ayat. (Baca Juga: Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi, Yuk Amalkan!)

Dilindungi dari Fitnah Dajjal
Sebagaimana diketahui Dajjal adalah sosok makhluk penyebar fitnah terbesar yang dihadapi umat Islam di akhir zaman. Dia dikenal sebagai pendusta dan perusak akidah umat. Semoga Allah melindungi kita dari fitnahnya. ( )

Rasulullah SAW telah mengingatkan umatnya tentang kemunculan Dajjal ini. Beliau mengajarkan amalan agar terhindar dari fitnah Dajjal. Salah satunya yaitu dengan membaca dan mentadabburi Surah Al-Kahfi pada Hari Jumat atau malam Jumat. Beliau shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) bersabda: "Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya." (HR ad-Dailami).

Dalam hadis lain yang diriwayatkan Imam Muslim, Nabi SAW bersabda: "Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan Surat Al-Kahfi ." (HR Muslim)

Redaksi lain menyebutkan: "Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan Surat Al-Kahfi , maka ia dilindungi dari Dajjal ." (HR Muslim)

Rasulullah SAW juga bersabda: "Barang siapa di antara kalian yang mendapatinya (Dajjal), hendaklah dia membacakan ayat-ayat pembuka Surah Al-Kahfi kepadanya, karena bacaan itu melindungi kalian dari fitnahnya (Dajjal)." (HR. Abu Daud).

Kenapa yang dianjurkan untuk dibaca adalah Surat Al- Kahfi ? Imam an-Nawawi rahimahullah (wafat 676 H) berkata, karena di awal surat tersebut terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Siapa yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal .

Selain terhindar dari fitnah Dajjal, Surah Al-Kahfi juga memiliki keistimewaanlain yang luar biasa. Nabi SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka'bah". (HR. Ad-Darimi)

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum'at." (HR. An Nasa'i dan Baihaqi).

Kemudian hadis yang dibawakan sahabat Abu Sa'id Al-Khudri RA, dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jumat."

Demikian dahsyatnya fadhillah Surah Al-Kahfi ,mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya. Jangan bosa untuk terus berdoa semoga Allah Ta'ala menyelamatkan kaum muslimindari kejahatan fitnah Dajjal . [Baca Juga: Pertempuran Besar Akhir Zaman, Nabi Isa Melawan Dajjal (Bagian Pertama)]

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2351 seconds (0.1#10.140)