5 Marga Keturunan Nabi Muhammad SAW yang Berasal dari Arab Saudi

Jum'at, 17 Maret 2023 - 17:59 WIB
loading...
A A A
5. Al-Qudsi
Al-Qudsi adalah keluarga keturunan Nabi yang berasal dari Hallab (Aleppo) Suriah. Silsilah keturunan Al-Qudsi bersambung kepada Al-Quthub al-Jalil al-Syaikh Abi Abdillah al-Husein yang dikenal dengan al-Qudhoib alban al-Maushuli. Nasabnya bersambung kepada al-Ridha bin Musa al-Juun bin Abdullah al-Mahd bin Hasan al-Mutsannan bin Imam Hasan bin Ali bin Abi Thalib. Di samping itu, keluarga Al-Qudsi ada juga yang bersambung silsilahnya kepada Imam Husein bin Ali bin Abi Thalib.

Selain di atas, ada juga fam Al-Jailani, marga yang dinisbahkan kepada keturunan Syakh Abi Muhammad Muhyidin Abdul Qadir Jailani bin Abi Soleh Musa bin Abdullah bi Yahya az-Zahid bin Muhammad bin daud bin Musa al-Tsani bin Abdullah bin Musa al-Jun bin Abdullah al-Mahd bin Hasan al-Mutsanna bin Imam Hasan sibt Rasulullah SAW.

Kemudian Al-Maghribi, banyak ditemukan di Kota Tarables. Silsilah keluarga Al-Magribi menyambung kepada Sayyid Muhammad Darghust al-Hasani al-Idrisi yang tinggal di Kota Darghust Tunisia.

Ada juga Az-Zawawi, keluarga Asyraaf Al-Idrisiyah. Nasabnya bersambung kepada Maula Idris bin Idris bin Abdullah al-Mahd bin Hasan al-Mutsanna bin Hasan bin Ali bin Abi Thalib. Keluarga ini berasal dari Negeri Maghrib yang kemudian hijrah ke Makkah al-Mukarromah dan beberapa wilayah teluk Arab.

Di antara ulama mereka yang terkenal adalah Abdullah bin Muhammad Soleh Az-Zawawi seorang Mufti Syafiiyah di Mekkah. Murid-murid beliau adalah Sayyid Hasan Kutbi dan anaknya Abdurrahman Az-Zawawi, Syekh Muhammad Turki seorang guru di Masjidil Haram. Ulama Az-zawawi yang lain adalah Soleh bin Abdurrahman bin Abubakar bin Abdurrahman bin Ahmad Az-Zawawi Al-Hasani.

(rhs)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)