7 Perkara yang Wajib Dijauhi Umat Islam

Sabtu, 18 Juli 2020 - 18:52 WIB
loading...
7 Perkara yang Wajib Dijauhi Umat Islam
Tujuh perkara ini termasuk bagian dari dosa besar yang wajib dijauhi umat Islam. Foto Ilustrasi/Ist
A A A
Menjadi mukmin yang diridhai oleh Allah Ta'ala tentu dambaan semua kaum muslimin. Tak dapat dipungkiri, semua orang pasti ingin bahagia tetapi terkadang tidak tahu bagaimana caranya.

Dalam prespektif Islam , bahagia itu sederhana, cukup beriman kepada Allah dan Rasul-Nya , kemudian mengerjakan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Islam mengajarkan cara untuk meraih kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat melalui petunjuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). (Baca Juga: Inilah Orang-orang yang Bangkrut di Hari Kiamat)

Sebagaimana kalam ahli hikmah bahwa agama adalah nasihat, maka sejatinya umat Islam harus menjadikan Al-Qur'an dan Sunnah sebagai petunjuk terbaik ditambah hukum Ijma' dan Qiyas. Dalam satu hadis, Rasulullah SAW pernah memberikan nasihat kepada para sahabat.

Beliau SAW mengingatkan agar menjauhi tujuh perkara yang membinasakan. Tujuh perkara ini termasuk bagian dari dosa besar yang wajib dijauhi umat Islam . Berikut sabda Nabi dalam hadis shahih yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim. (Baca Juga: 7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ
يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ ؟
لشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ

"Jauhilah oleh kalian 7 hal yang membinasakan." Maka para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah , apa 7 hal tersebut?" Maka Nabi yang mulia mengatakan:(1) Dosa kesyirikan kepada Allah, (2) Dosa sihir, (3) Dosa membunuh seorang jiwa yang diharamkan oleh Allah Ta'ala melainkan dengan alasan yang hak, (4) Dosa memakan harta riba, (5) Dosa memakan harta anak yatim, (6) Dosa berpaling dari medan perang dan (7) Dosa menuduh seorang wanita muslimah yang terhormat dengan tujuan yang keji (zina)." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Hikmah Hadis:
Menurut Direktur Institut for Islamic Studies & Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan Lc, ketujuh perkara yang membinasakan ini wajib dijauhi agar tidak terjerumus ke dalam siksa api neraka.

1. Syirik.
Yaitu menyekutukan Allah Ta'ala dengan menyembah sesuatu selain Allah atau menganggap ada yang dapat memberikan keselamatan atau kebaikan selain Allah Ta'ala. Seperti meyakini benda-benda yang dianggap keramat, meyakini hari, tanggal, nomor atau tempat-tempat tertentu yang dianggap membawa sial, dan sebagainya

2. Sihir.
Sihir sering diidentikkan dengan guna-guna, tenung dan sejenisnya. Perbuatan ini termasuk dalam kategori syirik kepada Allah karena umumnya dilakukan dengan menggunakan perantaraan dukun, yang mendatanginya saja dapat menyebabkan tidak diterimanya salat selama 40 hari.

3. Membunuh Nyawa Orang Lain Tanpa Haq.
Baik karena motivasi dendam, merampas harta, solidaritas pertemanan, dan sebagianya. Dalam Islam, hukuman bagi pembunuh adalah qishas, yaitu dihukum mati. Inilah gambaran betapa besarnya dosa membunuh.

4. Mengambil atau Memakan Harta Anak yatim.
Baik harta anak yatim peninggalan dari orang tuanya, maupun hasil pemberian orang lain. Masuk dalam kategori ini, "menjual" nama anak yatim untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

5. Memakan Riba.
Seperti mengambil bunga dari penyimpanan uang atau tabungan, deposito di bank konvensional, hasil klaim dari asuransi konvensional, hasil investasi dari saham, reksadana yang non syariah, dan sebagainya.

6. Berpaling dari Medan Pertempuran Tanpa Alasan Syar'i.
Bahasa lainnya adalah lari dari medan pertempuran, baik pertempuran dalam makna peperangan fisik, maupun dalam makna yang lain, seperti meninggalkan medan dakwah, atau meninggalkan perjuangan Islam lainnya.

7. Menuduh Wanita Muslimah yang Shalihah Berbuat Zina (Keji).
Karena dengan menuduhnya betarti ia telah mencederai kehormatannya dan menfitnahnya dengan keji. Dalam Islam, menuduh zina harus disertai dengan 4 orang saksi yang benar-benar melihat langsung perbuatan zina tersebut. Jika tidak bisa mendatangkan saksi, maka si penuduh tidak akan pernah diterima persaksiannya seumur hidupnya.

Demikian 7 perkara yang wajib dijauhi. Hendaknya setiap muslim menjaga dan memelihara dirinya dari ketujuh perbuatan dosa besar di atas agar tidak terjerumus ke dalam lembah kehinaan, khususnya di hari kiamat kelak. (Baca Juga: 17 Dosa Besar yang Harus Diketahui Umat Islam)

Wallahu Ta'ala A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)