alexametrics

7 Perkara yang Wajib Dijauhi Umat Islam

loading...
7 Perkara yang Wajib Dijauhi Umat Islam
Tujuh perkara ini termasuk bagian dari dosa besar yang wajib dijauhi umat Islam. Foto Ilustrasi/Ist
Menjadi mukmin yang diridhai oleh Allah Ta'ala tentu dambaan semua kaum muslimin. Tak dapat dipungkiri, semua orang pasti ingin bahagia tetapi terkadang tidak tahu bagaimana caranya.

Dalam prespektif Islam, bahagia itu sederhana, cukup beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mengerjakan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Islam mengajarkan cara untuk meraih kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat melalui petunjuk Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW). (Baca Juga: Inilah Orang-orang yang Bangkrut di Hari Kiamat)

Sebagaimana kalam ahli hikmah bahwa agama adalah nasihat, maka sejatinya umat Islam harus menjadikan Al-Qur'an dan Sunnah sebagai petunjuk terbaik ditambah hukum Ijma' dan Qiyas. Dalam satu hadis, Rasulullah SAW pernah memberikan nasihat kepada para sahabat.

Beliau SAW mengingatkan agar menjauhi tujuh perkara yang membinasakan. Tujuh perkara ini termasuk bagian dari dosa besar yang wajib dijauhi umat Islam. Berikut sabda Nabi dalam hadis shahih yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim. (Baca Juga: 7 Golongan yang Dinaungi Allah pada Hari Kiamat)



Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ
يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا هُنَّ ؟
لشِّرْكُ بِاللَّهِ ، وَالسِّحْرُ ، وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ ، وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَأَكْلُ الرِّبَا ، وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ ، وَقَذْفُ الْمُحْصِنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ



"Jauhilah oleh kalian 7 hal yang membinasakan." Maka para sahabat bertanya: "Ya Rasulullah, apa 7 hal tersebut?" Maka Nabi yang mulia mengatakan:(1) Dosa kesyirikan kepada Allah, (2) Dosa sihir, (3) Dosa membunuh seorang jiwa yang diharamkan oleh Allah Ta'ala melainkan dengan alasan yang hak, (4) Dosa memakan harta riba, (5) Dosa memakan harta anak yatim, (6) Dosa berpaling dari medan perang dan (7) Dosa menuduh seorang wanita muslimah yang terhormat dengan tujuan yang keji (zina)." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Hikmah Hadis:
Menurut Direktur Institut for Islamic Studies & Development Jakarta, Ustaz Rikza Maulan Lc, ketujuh perkara yang membinasakan ini wajib dijauhi agar tidak terjerumus ke dalam siksa api neraka.

1. Syirik.
Yaitu menyekutukan Allah Ta'ala dengan menyembah sesuatu selain Allah atau menganggap ada yang dapat memberikan keselamatan atau kebaikan selain Allah Ta'ala. Seperti meyakini benda-benda yang dianggap keramat, meyakini hari, tanggal, nomor atau tempat-tempat tertentu yang dianggap membawa sial, dan sebagainya
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
لَـقَدۡ كَفَرَ الَّذِيۡنَ قَالُوۡۤا اِنَّ اللّٰهَ ثَالِثُ ثَلٰثَةٍ‌ ۘ وَمَا مِنۡ اِلٰهٍ اِلَّاۤ اِلٰـهٌ وَّاحِدٌ  ؕ وَاِنۡ لَّمۡ يَنۡتَهُوۡا عَمَّا يَقُوۡلُوۡنَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ عَذَابٌ اَ لِيۡمٌ
Sungguh, telah kafir orang-orang yang mengatakan, bahwa Allah adalah salah satu dari yang tiga, padahal tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa azab yang pedih.

(QS. Al-Maidah:73)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak