Indahnya Berbagi, Ini Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan

Jum'at, 31 Maret 2023 - 03:00 WIB
loading...
Indahnya Berbagi, Ini Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan
Waktunya berbagi karena bersedekah di bulan Ramadan memiliki keutamaan luar biasa dibanding bulan lainnya. Foto ilustrasi/Sonny Unggara SINDOnews
A A A
Bersedekah di bulan Ramadan memiliki keutamaan luar biasa. Inilah kesempatan terbaik menuai banyak pahala dan ampunan Allah yang Maha luas.

Hanya memberi hidangan berbuka kepada orang yang berpuasa kita mendapat ganjaran pahala puasa orang tersebut. Belum lagi pahala sedekah dilipatgandakan Allah hingga 700 kali lipat.

Selain itu sedekah dapat menggugurkan dosa sebagaimana air memadamkan api. Juga menjadi amalan memudahkan seseorang masuk surga. Kemudian menjadi penyebab seseorang dijauhkan dari bencana musibah dan disembuhkan dari sakit.

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan
Keutamaan sedekah di bulan Ramadan merupakan amalan yang sangat dianjurkan sebagaimana riwayat berikut:

عَنْ اَنَسٍ قِيْلَ يَارَسُولَ اللهِ اَيُّ الصَّدَقَةِ اَفْضَلُ؟ قَالَ: صَدَقَةٌ فِى رَمَضَانَ

Artinya: "Dari Anas radhiyallahu 'anhi, sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?' Rasulullah SAW menjawab: "Sedekah di bulan Ramadan." (HR At-Tirmidzi)

Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan dan murah hati. Beliau semakin murah hati di bulan Ramadhan. Hal ini diceritakan Ibnu Abbas radhiallahu 'anhuma:

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم أجود الناس ، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل ، وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيُدارسه القرآن ، فالرسول الله صلى الله عليه وسلم أجودُ بالخير من الريح المرسَلة

Artinya: "Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al-Qur'an. Dan kedermawanan Rasulullah melebihi angin berembus." (HR Al-Bukhari)

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya di surga terdapat ruangan yang dalamnya bisa dilihat dari luarnya dan luarnya bisa dilihat dari dalamnya." Lalu para sahabat bertanya: "Untuk siapa itu wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "Bagi siapa yang baik tutur katanya, memberi makan, kontinyu melaksanakan shiyam (puasa), dan shalat malam di saat manusia tertidur." (HR At-Tirmidzi)

Sedekah memiliki makna yang luas. Tidak hanya dibatasi dalam bentuk uang semata. Memberi makan berbuka untuk orang yang berpuasa meskipun sebiji kurma termasuk sedekah.

من فطر صائما كان له مثل أجره ، غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئا

Artinya: "Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya." (HR At Tirmidzi 807)

Terkait keutamaan sedekah ini, Allah berfirman dalam Al-Qur'an:

اِنَّ الۡمُصَّدِّقِيۡنَ وَالۡمُصَّدِّقٰتِ وَاَقۡرَضُوا اللّٰهَ قَرۡضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمۡ وَلَهُمۡ اَجۡرٌ كَرِيۡمٌ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia." (QS. Al-Hadid Ayat 18)

Itulah sekelumit keutamaan sedekah di bulan Ramadan. Saatnya untuk berbagi dan bermurah hati kepada sesama.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2376 seconds (0.1#10.140)