Mahmud Syaltut: Al-Qur'an Bukan Kitab untuk Menerangkan Teori Ilmiah

Selasa, 04 April 2023 - 04:00 WIB
loading...
Mahmud Syaltut: Al-Quran Bukan Kitab untuk Menerangkan Teori Ilmiah
Syaikh Mahmud Syaltut. Foto/Ilustrasi: Ist/mhy
A A A
Ada sekian kebenaran ilmiah yang dipaparkan oleh Al-Qur'an , tetapi tujuan pemaparan ayat-ayat tersebut adalah untuk menunjukkan kebesaran Tuhan dan ke-Esa-an-Nya, serta mendorong manusia seluruhnya untuk mengadakan observasi dan penelitian demi lebih menguatkan iman dan kepercayaan kepada-Nya.

Mahmud Syaltut (1893 – 1963) dalam "Tafsir Al-Qur'an Al-Karim" mengatakan: "Sesungguhnya Tuhan tidak menurunkan Al-Quran untuk menjadi satu kitab yang menerangkan kepada manusia mengenai teori-teori ilmiah, problem-problem seni serta aneka warna pengetahuan."



Di dalam asbab al-nuzul diterangkan bahwa pada suatu hari datang seseorang kepada Rasul dan bertanya: "Mengapakah bulan kelihatan kecil bagaikan benang, kemudian membesar sampai menjadi sempurna purnama?"

Lalu, Rasulullah SAW , mengembalikan, jawaban pertanyaan tersebut kepada Allah SWT yang berfirman: Mereka bertanya kepadamu perihal bulan. Katakanlah bulan itu untuk menentukan waktu bagi manusia dan mengerjakan haji ( QS 2 :189).

Jawaban Al-Quran bukan jawaban ilmiah, tetapi jawabannya sesuai dengan tujuan-tujuan pokoknya.

Ada juga yang bertanya mengenai "roh", lalu Al-Quran menjawab: Mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakan: "Roh adalah urusan Tuhanku, kamu sekalian hanya diberi sedikit ilmu pengetahuan." ( QS 17 :85).

Al-Quran tidak menerangkan hakikat roh, karena tujuan pokok Al-Quran bukan menerangkan persoalan-persoalan ilmiah, tetapi tujuannya adalah memberikan petunjuk kepada manusia demi kebahagiaan hidupnya di dunia dan di akhirat kelak.



Syaikh Mahmud Syaltut setelah membawakan kedua ayat tersebut, lalu menulis. "Tidakkah terdapat dalam hal ini (kedua ayat tersebut) bukti nyata yang menerangkan bahwa Al-Quran bukan satu kitab yang dikehendaki Allah untuk menerangkan haqaiq al-kawn (kebenaran-kebenaran ilmiah dalam alam semesta), tetapi ia adalah kitab petunjuk, ishlah dan tasyri'."

Prof Dr Muhammad Quraish Shihab dalam bukunya berjudul "Membumikan AL-Quran" menjelaskan dari sini jelas pula bahwa yang dimaksud oleh ayat ma farrathna fi al-kitab min syay' ( QS 6 :38) dan ayat: wa nazzalna 'alayka al-kitab tibyanan likulli syay' QS 16:89) adalah bahwa Al-Quran tidak meninggalkan sedikit pun dan atau lengah dalam memberikan keterangan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan tujuan-tujuan pokok Al-Quran, yaitu masalah-masalah akidah, syari'ah dan akhlak, bukan sebagai apa yang dimengerti oleh sebagian ulama bahwa ia mencakup segala macam ilmu pengetahuan.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)