4 Tips Produktif saat Ramadan, Yuk Lakukan!

Sabtu, 15 April 2023 - 11:22 WIB
loading...
4 Tips Produktif saat Ramadan, Yuk Lakukan!
Setidaknya ada 4 tips produktif saat Ramadan. Foto/Ilustrasi: Daarul Quran
A A A
Ketika menjalani puasa Ramadan , kita merasa lebih lemas karena tubuh mengalami penurunan terhadap kekuatan karena kondisi perut yang kosong seharian. Namun, tak lantas menjadikan aktivitasmu berkurang hingga tidak produktif dari hari-hari biasanya.

Hingga banyak menghabiskan waktu untuk berleha-leha dan tidur. Padahal, dalam Islam kita dilarang membuang-buang waktu dan dianjurkan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Agar hari-hari puasamu bisa menjadi produktif, kamu bisa melakukan beberapa tips ini!



Memaksimalkan Ibadah

Bulan Ramadan menjadi momentum untuk meningkatkan takwa dan keimanan. Memaksimalkan ibadah di bulan mulia dapat dimulai dari memperbanyak baca Al-Qur’an , salat di masjid, zikir dan doa , serta amal saleh lainnya. Sebagaimana kita ketahui, bahwa ibadah yang dijalankan di bulan nan mulia ini akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Azza wa Jalla.

Ibadah dalam hal ini tak hanya terpaut kepada Sang Pencipta saja, berbuat baik kepada sesama juga tergolong dalam amalan mulia. Seperti halnya saat kitab isa membantu kesulitan orang lain lewat amal baik sedekah. InsyaAllah juga menjadi ladang pahala berlimpah bagi yang menunaikannya.

Tetap Rutinkan Olahraga

Tips agar bisa produktif yang kedua adalah dengan berolahraga. Selama Ramadan, kamu tetap bisa berolahraga seperti biasanya agar tubuhmu tetap sehat. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang ringan dan tak menguras banyak energi.

Olahraga yang bisa kamu lakukan di antaranya ialah bersepeda, lari santai, yoga, dan lainnya. Kamu bisa memulainya saat menjelang waktu berbuka. Olahraga tersebut sangat bagus lho untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Tak hanya itu, olahraga juga jadi kegiatan yang efektif untuk membuang racun-racun yang ada di dalam badan. Yuk, mulai dilakukan dalam keseharianmu!



Menekuni Hobi

Melakukan hobi menjadi salah satu cara untuk dapat meningkatkan produktivitas. Mengisi tiap waktu untuk menekuni hobi sekaligus mengembangkan skill yang ada dalam dirimu. Seperti mendesain, melukis, memasak, dan lain-lain. Bahkan, bermula dari hobi bisa menjadikan sebuah karya maupun produk yang bisa menghasilkan pundi-pundi cuan lho.

Membaca Buku

Nah, aktivitas berikutnya agar Ramadanmu kian produktif ialah dengan membaca buku. Itu bisa meningkatkan wawasan dan pengetahuanmu. Selain itu, dengan memperbanyak literasi, bisa menambah referensi kosa kata demi menunjang keterampilan bahasamu. (Ika Titi Hidayati)

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)