Penulis dan Seniman Kecam Perang Sudan: Ini Bukan Perang Kami!

Kamis, 04 Mei 2023 - 10:30 WIB
loading...
Penulis dan Seniman Kecam Perang Sudan: Ini Bukan Perang Kami!
Penulis dan seniman menganggap perang Sudan sebagai takdir mereka. Foto/Ilustrasi: qantara
A A A
Penulis dan seniman Sudan mengecam pertempuran di negerinya. Mereka bilang, "Ini bukan perang kami!"

Sudan, negeri yang dihuni 95% umat Islam, telah menjadi medan pertempuran. "Tapi ini bukan perang orang-orang yang tinggal di sana," kata penulis Sudan yang diasingkan, Stella Gitano dan Abdelaziz Baraka Sakin.

Stella Gitano dipandang sebagai suara penting dalam masyarakat Sudan kontemporer. Cerpen, novel, dan artikel jurnalistiknya – yang ditulis dalam bahasa Arab – telah menelusuri konsekuensi perang dan pemindahan selama lebih dari 20 tahun.

Mencela ketidakadilan, dia telah mengungkap keserakahan dan penyelewengan kekuasaan para pemimpin militer. "Ini adalah takdirku," keluhnya, sebagaimana dilansir Qantara pada 2 Mei 2023. "Harus menghidupkan kembali semua ini sekarang," lanjutnya.



Penulis dan Seniman Kecam Perang Sudan: Ini Bukan Perang Kami!

Stella Gitano

Perang saudara di Sudan telah berlangsung selama berhari-hari. Ratusan nyawa telah hilang. Banyak negara, termasuk Indonesia, telah mengevakuasi warganya sendiri dari zona bahaya. "Keluarga saya masih ada di sana. Saya masih berhubungan dengan teman-teman saya," kata Stella Gitano, yang saat ini tinggal di Kamen, Rhine-Westphalia Utara, sebagai penerima beasiswa program PEN "Writers in Exile". Dia merasa aman di sana.

Kembali pada tahun 2002, kumpulan cerita pendek Gitano "Bunga Layu" menggambarkan nasib orang-orang yang terpaksa melarikan diri dari konflik pembunuhan di Sudan bagian selatan - di Darfur dan Pegunungan Nuba - sebelum berakhir di kamp-kamp pengungsi di dekat Khartoum.

"Pengungsian benar-benar pengalaman yang sangat sulit. Anda hanya perlu menyelamatkan diri, melarikan diri ke tempat yang aman," kata pria berusia 44 tahun itu. “Tetapi ada lebih banyak hal dalam hidup – bahkan jika itu hanya air, makanan, dan obat-obatan.

Pada 2011, Sudan Selatan memisahkan diri dari Sudan. Stella Gitano menjadi incaran kalangan nasionalis dan tribalis karena aktivismenya. Dia menghadapi ujaran kebencian dan ancaman di media sosial. Setelah diserang secara fisik, dia meninggalkan negara asalnya pada 2021. Gitano telah tinggal di Jerman sejak Juli tahun lalu.

"Ini bukan perang kita," kata Gitano. Abdelaziz Baraka Sakin setuju: "Ini bukan perang rakyat Sudan. Ini adalah perang sepasang jenderal yang memperebutkan kekayaan dan kekuasaan!" Sakin juga seorang penulis, bahkan penulis terlaris Sudan.



Pada saat bukunya "The Messiah of Darfur" (2012) diterbitkan tentang genosida di sana dan kediktatoran mantan penguasa Omar al-Bashir, Sakin sedang dalam perjalanan untuk mendapatkan pengakuan internasional. Dia telah tinggal di pengasingan di Austria sejak 2012 dan dianugerahi hadiah sastra "Stadtschreiber von Graz" untuk tahun 2022/23.
Penulis dan Seniman Kecam Perang Sudan: Ini Bukan Perang Kami!

Abdelaziz Baraka Sakin

Sakin tidak percaya senjata akan diam dalam waktu dekat. "Kuharap aku salah." Apa yang paling dia takuti adalah campur tangan orang luar dalam konflik, memperumit dan memperpanjangnya – Rusia, Amerika Serikat, Eropa, negara-negara Arab atau negara-negara tetangga. Tak satu pun dari pihak Sudan dalam konflik itu cukup kuat untuk berperang sendiri, katanya. "Dengan kurangnya dukungan dari luar, perang akan mereda dalam waktu singkat," kata Sakin.

"Ketika saya sedang menulis buku saya, banyak orang tidak mau mempercayai saya. Perang di Darfur dan Sudan Selatan tampaknya masih jauh." Banyak orang mengira deskripsinya adalah fiksi, kecuali pemerintah Sudan, yang membuangnya. "Hari ini, semua orang tahu aku benar."

Abdelaziz Baraka Sakin adalah salah satu penulis kontemporer terkemuka di Sudan. Dalam karyanya, ia dengan lihai memadukan fakta dengan fiksi, menghadirkan panorama luas wilayah konflik di tepi Sahara, namun tetap fokus pada penderitaan para korban. Seniman seperti Sakin, yang berkomitmen pada perubahan demokrasi, keadilan, dan sistem hukum yang efektif, pasti terjebak di antara garis depan di Sudan.



Seniman lain yang mendorong perubahan sosial di Sudan adalah seniman Amna Elhassan, yang karyanya dipajang di Schirn Kunsthalle di Frankfurt pada awal tahun 2023. Melalui kerumitan ini, dia memaparkan realitas kompleks di Sudan dan perjuangan untuk emansipasi dan pembebasan. Elhassan juga memasukkan grafiti sebagai referensi untuk protes jalanan.

Sementara pertempuran awalnya terkonsentrasi di sekitar markas tentara, istana kepresidenan, dan bandara internasional di ibu kota Khartoum, kini tampaknya museum juga menjadi sasaran para militan.

The Art Newspaper mengutip seorang seniman yang berbasis di Khartoum yang mengatakan bahwa Museum Nasional Sudan, yang didirikan pada tahun 1971 dan menampung harta karun arkeologi Nubia, telah dikupas. Tingkat kerusakan masih belum jelas. "Museum tidak lagi dijaga untuk melindunginya dari penjarahan dan perusakan," kata Sara Saeed, direktur Museum Sejarah Alam Sudan, dalam sebuah pernyataan kepada International Association of Museums (ICOM).
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)