Menelisik Akar Islam Kuno Masyarakat Amerika Latin

Kamis, 04 Mei 2023 - 14:21 WIB
loading...
Menelisik Akar Islam Kuno Masyarakat Amerika Latin
Kapel Kerajaan Cholula. Foto/Ilustrasi: arabnews
A A A
Belakangan ini generasi peneliti baru menaruh minat meneliti akar Islam kuno masyarakat Amerika Latin . Di era media sosial, konten semacam itu disebarluaskan ke khalayak yang lebih besar, dan nyatanya banyak orang Amerika Latin yang tertarik.

“Saya mulai membaca tentang bangsa Moor ketika saya belajar bahasa Arab di Mesir,” kata Mansour Peixoto, seorang mualaf dari kota Recife di Brasil . Peixoto mendirikan situs web Historia Islamica atau Sejarah Islam pada tahun 2014.

Pada saat itu Peixoto sudah belajar tentang pengaruh Islam di Portugal . "Tetapi kemudian saya tertarik dengan dampak langsung dan tidak langsungnya pada budaya Brasil,” katanyasebagaimana dilansir Arab News pada 28 Maret 2023 lalu.

Menelisik Akar Islam Kuno Masyarakat Amerika Latin

Air mancur La Pila di Chiapa del Corzo

Al-Andalus

Antara tahun 711 dan 1492, penguasa Arab-Berber mendominasi bagian Portugal, Spanyol, dan Prancis saat ini, menamai wilayah tersebut Al-Andalus.

Kehadiran Islam dan umat Islam yang hampir 800 tahun di Semenanjung Iberia sudah barang tentu meninggalkan banyak pengaruh yang dibawa ke Amerika Latin.



Setelah penaklukan ulang Kristen, Islam dilarang di Spanyol dan Portugal. Sejak saat itu, terutama pada awal abad ke-17, banyak Muslim — termasuk orang-orang keturunan Eropa — dipaksa pindah ke Afrika Utara, tetapi banyak yang menerima untuk masuk Katolik, beberapa di antaranya diam-diam tetap Muslim.

“Orang-orang itu, terutama yang miskin, banyak di antara orang Portugis yang datang menjajah Brasil sejak abad ke-16,” kata Peixoto.

Kehadiran Muslim di Spanyol baru dan di tempat lain di wilayah ini tidak mudah diverifikasi, mengingat keberadaannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Ini mungkin mengapa subjek tersebut diabaikan dalam dunia akademis begitu lama, meskipun karya klasik sejarah Amerika Latin menyebutkannya pada abad ke-19 dan ke-20.

“Studi tentang keberadaan Moor sebagian besar dilanjutkan oleh Muslim dan orang-orang keturunan Arab. Karya-karya itu menunjukkan bahwa mereka tidak sedikit di Amerika Latin seperti yang diperkirakan sebelumnya,” kata Taboada.
Menelisik Akar Islam Kuno Masyarakat Amerika Latin

Langit-langit kayu Mudejar katedral Tlaxcala

Meskipun Islam dilarang, bangsa Moor - seperti orang Yahudi - sebagian besar menikmati toleransi di Dunia Baru, meskipun Inkuisisi kadang-kadang bertindak melawan mereka, tambahnya.

Sejarawan Ricardo Elia, Direktur Pusat Kebudayaan Islam Republik Argentina, sejak tahun 1980-an telah menjadi salah satu pelopor dalam studi tentang keberadaan Moor di wilayah Sungai La Plata.

“Saya menemukan bahwa gaucho (istilah yang digunakan di Argentina, Uruguay, dan Brasil selatan untuk penunggang kuda legendaris) tidak lain adalah bangsa Moor,” katanya.



Ada kontroversi kuno mengenai asal usul etimologis istilah itu di Argentina. Beberapa sarjana mengatakan itu berasal dari kata Quechuan, tetapi Elia dan peneliti lain mengatakan itu berasal dari chauch, sebuah istilah dengan asal bahasa Arab yang berarti sesuatu yang gigih.

“Di Valencia, Spanyol, kata chaucho digunakan untuk menyebut penunggang kuda dan pendeta,” kata Elia, seraya menambahkan bahwa sebagian besar awak kapal Spanyol yang menjelajahi Amerika sejak abad ke-15 terdiri dari bangsa Moor, dan orang pertama yang melihat Amerika adalah Rodrigo de Triana, seorang Moor.

“Mereka harus meninggalkan Spanyol sehingga mereka datang ke Amerika. Dan mereka adalah pelaut yang baik.”

Menelisik Akar Islam Kuno Masyarakat Amerika Latin

Empanada Argentina
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)