Muslim India: Ada yang Berupaya Menyandingkan Bhagavad Gita dengan Al-Qur'an

Rabu, 10 Mei 2023 - 05:15 WIB
loading...
A A A
Bhagavad Gita – sebuah inisiasi ke dalam "tauhid"?

Namun, ada cukup banyak contoh sejarah cendekiawan Muslim yang secara spiritual mengeksplorasi Gita, seperti yang ditunjukkan Raza: polymath al-Biruni dari Persia termasuk di antara sejumlah teolog Islam yang menulis komentar tentang Bhagavad Gita.

Abdurrahman Chishti, seorang sufi abad keenam belas, menekankan dalam tulisannya bahwa dalam Bhagavad Gita Krishna sebenarnya menginisiasi Arjuna ke dalam rahasia tauhid, prinsip kesatuan Islam.

Raza dengan terampil menjalin elemen otobiografi dengan ajaran dari dua kitab suci, tetapi juga dengan kutipan dari para filsuf Eropa dan pemikir kontemporer. Melalui anekdot, ia menggambarkan mentor dari kehidupannya sendiri yang mewujudkan ajaran spiritual Al-Quran dan Gita dan mempraktikkannya – politisi daerah yang berkarakter kuat, atau guru yang bekerja untuk kesejahteraan siswanya.



Mereka hidup, seperti yang dijelaskan Raza, dalam kesadaran bahwa Tuhan bersemayam di dalam hati kita (Gita, 18:61) dan lebih dekat dengan kita daripada urat leher kita sendiri (Quran, 50:16). Apakah kita menyebutnya "nishkama karma" (tindakan tanpa keinginan), seperti dalam Gita, atau "amal salih" (perbuatan baik), seperti dalam Al-Quran, yang dimaksud, menurutnya, adalah satu hal: tindakan tanpa pamrih untuk melayani manusia lainnya.

Marian Brehmer mengatakan etika Raza, yang melampaui agama, tampaknya merupakan rambu penting, terutama pada saat perpecahan. "Pelajaran terbesar yang diajarkan Gita dan Al-Qur'an kepada saya adalah untuk melihat kesatuan yang mendasari keragaman ciptaan Tuhan. Dia yang percaya bahwa Tuhan itu Esa, dan bahwa manusia, karena keterbatasan yang ditentukan oleh geografi, iklim, bahasa, dan waktu, memanggil-Nya dengan nama yang berbeda, tidak akan pernah mendiskriminasi orang berdasarkan agama, kasta, keyakinan, dan etnis."
(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)