Aktivitas Pesantren Siswa Al Ma'soem, Terapkan Reward and Punishment

Rabu, 29 April 2020 - 08:49 WIB
loading...
A A A
"Mereka ingin, anaknya sekolah baik, juga mendapatkan lingkungan yang mendukung perilaku baik anaknya. Nah, tujuan kami adalah anak punya kemampuan akademik dan akhlaknya kami dorong. Akademik didapat di sekolah. Sementara akhlak dan ilmu agama didapat di pesantren," beber dia.

PSAM sadar, menghadirkan pendidikan berkualitas tidaklah mudah. Apalagi membuat santri nyaman. Oleh karenanya, salah satu jurus jitu yang dilakukan adalah menampung aspirasi siswa dalam berkreasi.

"Yang kami lakukan adalah memfasilitasi keinginan mereka. Misalnya menyiapkan lapangan futsal berstandar internasional, kolam renang, voli, bela diri, panahan, berkuda, dan lainnya," imbuh dia.

Staf Khusus Direktur Pesantren Bagaian Kurikulum PSAM Didin Djahrudin mengatakan, pesantrennya punya kurikulum sendiri yang diselaraskan dengan kurikulum Departemen Agama. Selain itu, materi yang kami ajarkan disesuaikan dengan materi di sekolah sehingga saling mendukung.

"Bahasa juga menjadi konsen pesantren kami. Memang bahasa sehari-hari menggunakan bahasa Indonesia, tetapi mereka kami kenalkan bahasa Arab juga. Tak terkecuali bahasa Inggris yang diajarkan di kelas reguler," kata dia. (Arif Budianto)
(ysw)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)