Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus

Kamis, 11 Mei 2023 - 16:13 WIB
loading...
Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus
Interior Banya Bashi, masjid utama Sofia. Foto/Ilustrasi: Ronan OConnell
A A A
Masjid berusia ribuan tahun, pemandian air panas kuno, dan reruntuhan megah tersebar di seluruh Eropa sebagai penanda kerajaan Islam yang pernah menguasai sebagian benua.

Dari Spanyol hingga Hongaria, Bulgaria, Yunani, Prancis, dan Portugal, terpampang bukti fisik yang mengesankan tentang pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus, dua negara Islam yang paling jelas membentuk Eropa.

Berikut tiga kota yang jejak Islamnya sangat menonjol sebagaimana dilansir thenationalnews.com.



Sofia, Bulgaria
Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus

Di antara sekelompok gereja Katolik di ibu kota Bulgaria yang mayoritas beragama Kristen, sebuah bangunan berusia 500 tahun menonjol. Ini adalah bangunan tua yang indah. Letaknya berada di seberang Sofia Central Market Hall di pusat kota. Di dalamnya ada langit-langit yang dihiasi dengan mozaik yang rumit, dengan sepotong besar kaligrafi Islam di tengahnya.

Dulunya ini Banya Bashi, masjid utama Sofia. Dari segi penampilan, kota ini paling jelas dibentuk oleh hubungan bersejarahnya dengan Uni Soviet dan Kekaisaran Romawi. Sofia menonjol dengan sisa-sisa raksasa dari era itu, seperti Katedral Alexander Nevsky Ortodoks Rusia berkubah emas yang menakjubkan dan gereja Rotunda abad keempat, yang dibangun oleh orang Romawi ketika kekaisaran mereka mencakup apa yang sekarang disebut Bulgaria.

Namun sejarah Islam Sofia sama dalamnya. Selama 500 tahun Bulgaria berada di bawah kekuasaan Islam sebagai bagian dari Kekaisaran Ottoman. Itu membantu menjelaskan mengapa Banya Bashi, dengan kubah biru dan menara yang menjulang tinggi, seperti versi miniatur Masjid Biru yang ikonis di Istanbul, kota Turki yang dulunya adalah ibu kota Ottoman.

Banya Bashi dibangun arsitek Ottoman yang paling terkenal, Mimar Sinan, yang pada tahun 1500-an merancang lusinan masjid dan jembatan yang kini menjadi tempat wisata di seluruh Turki, Yunani, dan Bulgaria. Sinan bekerja untuk sultan Ottoman, Suleiman Agung, di bawah kepemimpinannya kekaisaran ini mencapai puncaknya, merebut Hongaria dan sebagian besar Afrika Utara dan Timur Tengah.



Pada saat Utsmaniyah akhirnya kehilangan kendali atas Bulgaria pada tahun 1870-an, kerajaan komando mereka runtuh. Turis ke Sofia dapat belajar tentang periode Islam Bulgaria di Museum Sejarah Nasional kota yang besar. Mereka juga dapat melakukan perjalanan ke kota Plovdiv yang cantik di Bulgaria, di mana Masjid Dzhumaya yang megah berada dalam kondisi yang fantastis, lebih dari 600 tahun setelah dibangun.

Budapest, Hungaria
Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus

Selain menjadi salah satu kebun binatang tertua di Eropa, didirikan pada tahun 1866, Kebun Binatang dan Taman Botani Budapest adalah kompleks yang sangat indah. Ini memiliki perpaduan gaya arsitektur yang unik, mulai dari struktur komunis yang sederhana hingga pintu masuk art nouveau yang aneh dan selungkup yang meniru gereja Transylvania.

Menariknya, begitu memasuki ruang rindang bangunan ini dihiasi oleh kubah, menara, dan ubin kaca biru-hijau. Itu segera mengingatkan pada arsitektur Ottoman di Istanbul.

Ini masuk akal. Selama sekitar 150 tahun, hingga akhir 1600-an, ibu kota Hongaria diduduki oleh Ottoman. Meskipun kandang megah ini tidak dibangun sampai awal 1900-an, lama setelah Ottoman meninggalkan Budapest, itu berdiri sebagai pengingat jejak Islam yang cukup besar di kota tersebut.

Di seberang sungai Danube dari kebun binatang ini, menghadap ke pusat kota Budapest, terdapat peninggalan kuno pendudukan Ottoman. Daerah ini menawarkan pemandangan kota yang indah kepada wisatawan. Memiliki tiga atraksi populer yang berasal dari era Islam.

Ini termasuk pemandian air panas Rudas dan Kiraly yang besar, keduanya berusia lebih dari 400 tahun. Pengunjung pemandian ini dapat menikmati berendam uap atau pengalaman hammam tradisional.



Di puncak bukit di atas pemandian Kiraly, wisatawan datang untuk melihat makam megah salah satu pembantu paling berpengaruh Suleiman Agung, Gul Baba. Situs ziarah populer bagi Muslim Turki, mausoleum batu ini dikelilingi oleh taman mawar yang indah, menjadikannya daya tarik yang layak bagi setiap pelancong.

Kordoba, Spanyol
Jejak Islam di 3 Kota Eropa: Bukti Pengaruh Kekaisaran Ottoman dan Kerajaan Al Andalus

Bangunan favorit saya lainnya ada di kota Cordoba, yakni kota di Spanyol selatan yang terabaikan. Disebut La Mezquita, itu tidak hanya spektakuler secara visual, tetapi juga unik karena secara bersamaan merupakan masjid dan katedral. Struktur Moor monumental yang berusia lebih dari 1.200 tahun, tampak seperti benteng dari luar, karena dinding batu tebal dan tinggi yang mengelilinginya.

Penampilan yang mengesankan itu memberi jalan, di dalam, pada fitur desain yang halus. Ada beberapa interior di dunia yang lebih fotogenik daripada ruang doa utama Mezquita. Lusinan lengkungan yang dihiasi garis-garis menciptakan simetri dan kontras yang memukau. Langit-langitnya yang menjulang tinggi mempertinggi drama.

Sama seperti Sofia dan Budapest, Cordoba dibentuk oleh Kekaisaran Romawi, warisan yang dicontohkan oleh jembatan Romawi berusia 2.000 tahun yang membentang di sungai Guadalquivir, yang melintasi kota.



Motif Islam umum di seluruh Kota Tua ini terdaftar di UNESCO. Itu karena pengaruh abadi Al Andalus, sebuah kerajaan Muslim yang dari awal abad kedelapan hingga awal abad ke-11 menguasai sebagian besar Semenanjung Iberia, termasuk bagian yang sekarang menjadi Spanyol, Portugal, dan Prancis.

Cordoba tetap berada di bawah pengaruh Islam yang kuat hingga akhir abad ke-15. Sekarang wilayah selatan Spanyol ini, yang mencakup sesama favorit turis Seville dan Granada, disebut Andalusia, mengacu pada periode penting dalam sejarahnya.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3342 seconds (0.1#10.140)