Menginap di Muzdalifah Dapat Mengubah Hidup dan Hati Seorang Muslim

Jum'at, 26 Mei 2023 - 09:56 WIB
loading...
Menginap di Muzdalifah Dapat Mengubah Hidup dan Hati Seorang Muslim
Menginap di Muzdalifah diyakini dapat mengubah hidup dan hati seorang Muslim untuk selamanya. Foto/Ilustrasi: islamic landmarks
A A A
Muzdalifah terletak di wilayah tenggara Mina. Ini adalah area terbuka. Para jemaah haji tiba setelah matahari terbenam pada tanggal 9 Dhulhijjah dari Arafah dan bermalam di sini. Menginap di Muzdalifah diyakini dapat mengubah hidup dan hati seorang Muslim untuk selamanya.

Laman The Pilgrim mencatat, Muzdalifah memiliki panjang empat kilometer dan meliputi area seluas 12,25 kilometer persegi. Tepatnya, Muzdalifah terbentang dari tanah Mashar hingga pegunungan Mazamayn.



Jabir ra meriwayatkan bahwa selama Haji Perpisahan, Nabi Muhammad SAW tinggal di Muzdalifah semalam. Keesokan harinya, Rasulullah SAW bangun untuk melakukan salat Subuh. Beliau menaiki unta betinanya dan menunggang kuda menuju Mashar Al-Haram, di mana Nabi Muhammad SAW menghadap kiblat, salat, dan berdoa, memproklamirkan Keesaan dan Kebesaran Allah SWT.

Selama haji wada , Nabi Muhammad SAW melakukan salat Maghrib dan Isya lalu bermalam. Rasulullah SAW bersabda, “Meskipun aku tinggal di sini, kamu boleh tinggal di mana saja sepanjang Muzdalifah.” (HR Muslim)

Selain bermalam di Muzdalifah, jemaah haji juga diperintahkan mengumpulkan kerikil untuk melempar Jamarat dari sini.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2636 seconds (0.1#10.140)