6 Fakta yang Kurang Diketahui tentang Jejak Muslim di Eropa

Rabu, 31 Mei 2023 - 11:35 WIB
loading...
A A A


5. Salah satu sejarah Bangsa Moor terbaik di Al-Andalus ditulis sekitar tahun 1617

Penulisnya adalah sejarawan Aljazair terkenal, Aḥmad ibn Muḥammad al-Maqqarī al-Tilmisānī. Karyanya diberi nama “Nafḥ aṭ-ṭīb”, atau “Breath of Parfum”, dan merupakan ringkasan dari seluruh sejarah al-Andalus dan bangsa Moor yang tinggal di sana.

Itu adalah karya yang sangat rinci dan berpengaruh sehingga menjadi dasar penelitian Muslim Spanyol bagi banyak sejarawan hingga abad ke-20.

Al-Maqqari terinspirasi oleh kejayaan Moorish Iberia, dan menulis karyanya berdasarkan catatan yang sudah ada sebelumnya yang dia temukan di perpustakaan Kesultanan Saadi di Marrakesh, Maroko.

6. Di puncak kekuasaan Moor, Cordoba adalah kota paling modern di Eropa

Selama abad ke-10 dan ke-11, Cordoba adalah pusat dunia Moor, dan pusat pembelajaran, pendidikan, dan ekonomi yang hebat. Kota terbesar kedua di Eropa, Cordoba memiliki lebih dari 80 perpustakaan, serta beberapa pengetahuan kedokteran, matematika, botani, dan astronomi yang paling maju - jauh lebih unggul daripada bagian Eropa lainnya.

Itu juga sangat modern pada masanya, memiliki arsitektur yang indah, trotoar yang ditinggikan untuk pejalan kaki, jalan bermil-mil dan bahkan penerangan jalan.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)