Selamat Datang Zulhijjah, Bulan Bertabur Pahala dan Keutamaan

Senin, 19 Juni 2023 - 19:44 WIB
loading...
A A A
3. Haji dan Umrah
Zulhijjah juga dikenal dengan bulan Haji karena di bulan inilah umat Islam melaksanakan ibadah Haji dan wukuf di Arafah pada tanggal 9 Zulhijjah. Rasulullah ﷺ bersabda:

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ

"Dari satu umrah ke umrah lainnya, itu akan menjadi kaffarah atau penghapus dosa di antara keduanya. Dan Haji Mabrur tidak ada balasannya kecuali surga." HR Al-Bukhari 1773 dan Muslim 1349)

4. Berkurban
Menyembelih hewan kurban (uddiyah) di hari Raya Idul Adha termasuk ibadah yang pahalanya luar biasa. Dalam banyak riwayat Nabi senantiasa melakukan ibadah kurban setiap bulan Dzulhijjah. Dalam Al-Qur'an Allah berfirman: "Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan bekurbanlah." (QS. Al-Kautsar ayat 2)

5. Memperbanyak Zikir dan Membaca Al-Qur'an
Rasulullah SAW memerintahkan kita memperbanyak dzikir tahlil, takbir, tasbih, dan tahmid. Tidak ada jumlah khusus, namun semakin banyak akan semakin berkah dan berpahala. Apalagi diamalkan pada 10 hari pertama di bulan Zulhijjah maka pahalanya akan berlipat ganda.

6. Sedekah
Bersedekah di 10 hari pertama bulan Zulhijjah juga memiliki keutamaan besar. Hal ini disebutkan dalam Hadis. "Tidak ada hari-hari yang amal salih di dalamnya itu lebih dicintai oleh Allah melebihi 10 hari pertama bulan Dzulhijjah ini..." (HR Al-Bukhari)

Jadwal Puasa Arafah
Jadwal Puasa Arafah 9 Zulhijjah berdasarkan hasil sidang Isbat Kementerian Agama adalah Hari Rabu 28 Juni 2023. Sedangkan puasa Tarwiyah 8 Zulhijjah Hari Selasa 27 Juni 2023. Untuk ibadah kurban di Hari Idul Adha jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Bagi yang mengikuti kalender Islamic Global atau keputusan Muhammadiyah, puasa Arafah jatuh hari Selasa 27 Juni 2023. Meski ada perbedaan waktu, umat Islam diimbau tetap menjaga kerukunan. Insya Allah puasanya diterima Allah karena masing-masing punya ijtihad.

(rhs)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)
pixels