alexametrics

Doa Memohon Kebaikan dan Terhindar dari Bala

loading...
Doa Memohon Kebaikan dan Terhindar dari Bala
Inilah doa memohon kebaikan dan doa agar terpelihara dari bala yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Foto/Dok IG @habibalizaenalalhamid
Dalam perspektif Islam, berdoa adalah bagian dari syariat yang wajib diamalkan oleh setiap orang beriman. Allah Ta'ala dan Rasul-Nya memerintahkan kaum mukmin untuk senantiasa berdoa. "Dan Tuhanmu berfirman: 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu". (Surah Ghafir ayat 60).

Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang tidak pernah berdoa kepada Allah 'Azza wa Jalla, maka Allah murka padanya". (Baca Juga: Doa Agar Tidak Stres Menghadapi Tekanan dan Kesulitan)

Saat ini kita berada pada zaman yang penuh fitnah (ujian). Maka berdoa merupakan senjata dan amalan yang dapat menyelamatkan seseorang dari malapetaka dan bala. Tentunya tidak mengabaikan ikhtiar untuk terus berbuat baik dan mentaati segala perintah-Nya. (Baca Juga: Doa Keselamatan yang Diajarkan Habib Quraisy, Yuk Amalkan!)



Pengasuh Majelis Darul Murtadza Malaysia Al-Habib Ali Zaenal Al-Hamid mengajarkan satu amalan doa memohon kebaikan dan agar terpelihara dari bala. Doa ini bersumber dari Rasululah shallallahu 'alaihi wa sallam. Beliau menyiarkan doa tersebut melalui media Instagram, kemarin. Berikut lafaz doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِي وَتَرْحَمَنِي وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةً فِي قَوْمٍ فَتَوَفَّنِي غَيْرَ مَفْتُونٍ


"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu untuk berbuat kebaikan dan meninggalkan kemungkaran serta mencintai orang-orang miskin. Dan aku memohon agar Engkau mengampuniku dan mengasihiku. Dan apabila Engkau hendak menurunkan bala pada suatu kaum, maka wafatkanlah aku dalam keadaan tidak terkena bala itu. (HR at-Tirmizi dan Ahmad)

Selain doa Rasulullah SAW di atas, ada juga doa menolak bala yang diajarkan para ulama Salafussaleh (ulama terdahulu). Doa ini sering dibaca oleh para Habaib ketika membaca Qasidah Hadrah Basaudan setiap malam Selasa maupun di hari Selasa.

Berikut Doanya:

(اللهم يا كافي البلاء اكفنا البلاء قبل نزوله من السماء. (يا الله

Allahumma Yaa Kaafiyal Bala' Ikfinal Bala' Qabla Nuzuulihi Minas Sama'. (Ya Allaah).

"Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Kuasa untuk menyelamatkan hamba-Nya dari segala bala' bencana,
selamatkanlah kami dari bala' bencana yang akan menimpa kami sebelum bala' bencana itu turun dari langit, Ya Allah. (Dibaca 7 Kali).

اللهم يا عالم بما ينزل اكفنا الشر ما ينزل قبل ان ينزل حتى لا ينزل

Allahumma Yaa 'Aalima Bimaa Yanzil, Ikfinaa Syarra Maa Yanzil Qabla An Yanzil Hatta Laa Yanzil.

"Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui segala apa yang akan turun, selamatkanlah kami dari kejahatan yang akan turun, sehingga tidak turun." (Dibaca 3 Kali)

اللهم يا عالم بما يكون اكفنا الشر ما يكون قبل ان يكون حتى لا يكون

Allahumma Yaa 'Aalima Bimaa Yakun, Ikfinaa Syarra Maa Yakuun Qabla An Yakuun Hatta Laa Yakuun.

"Ya Allaah, wahai Dzat Yang Maha Mengetahui segala apa yang akan terjadi, selamatkanlah kami dari kejahatan yang akan terjadi, sehingga tidak terjadi." (Dibaca 3 Kali)

(Baca Juga: Doa Rasulullah Agar Terhindar dari Wabah Penyakit)
(rhs)
cover top ayah
فَقَضٰٮهُنَّ سَبۡعَ سَمٰوَاتٍ فِىۡ يَوۡمَيۡنِ وَاَوۡحٰى فِىۡ كُلِّ سَمَآءٍ اَمۡرَهَا‌ ؕ وَزَ يَّـنَّـا السَّمَآءَ الدُّنۡيَا بِمَصَابِيۡحَ ‌ۖ وَحِفۡظًا ‌ؕ ذٰ لِكَ تَقۡدِيۡرُ الۡعَزِيۡزِ الۡعَلِيۡمِ
Lalu diciptakan-Nya tujuh langit dalam dua masa dan pada setiap langit Dia mewahyukan urusan masing-masing. Kemudian langit yang dekat (dengan bumi), Kami hiasi dengan bintang-bintang, dan (Kami ciptakan itu) untuk memelihara. Demikianlah ketentuan (Allah) Yang Mahaperkasa, Maha Mengetahui.

(QS. Fussilat:12)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak