Khasiat Surah Yusuf, Ikhtiar Mendapat Kedudukan dan Memudahkan Rezeki

Sabtu, 24 Juni 2023 - 05:30 WIB
loading...
Khasiat Surah Yusuf, Ikhtiar Mendapat Kedudukan dan Memudahkan Rezeki
Surah Yusuf bisa digunakan untuk wasilah atau doa Mahabbah. Foto/Ilustrasi: Dok. SINDOnews
A A A
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Yusuf , Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya dan menimbunnya serta meletakkannya di rumah selama tiga hari lalu mengeluarkannya ke tembok rumah maka dia akan mendapatkan bantuan dari penguasa dan dia akan memperoleh kedudukan.

"Dan barangsiapa yang menulisnya lalu meminumnya maka Allah akan memudahkan rezeki baginya," tuturnya.



Surah Yusuf terdiri dari 111 ayat dan termasuk dalam golongan surah Makiyyah. Ia dinamakan surah Yusuf karena hal utama yang dimuat di dalamnya adalah kisah Nabi Yusuf .

Kisah ini termasuk dalam salah satu kisah-kisah gaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat. Sedangkan sebelum diwahyukan, Rasulullah SAW tidak mengetahui kisah-kisah tersebut.

Al-Baihaqi dalam kitab ad-Dala’il meriwayatkan bahwa sekelompok orang Yahudi masuk agama Islam sesudah mendengar kisah Nabi Yusuf ini, karena mereka merasa kisah itu sesuai dengan kisah yang mereka ketahui dari kitab mereka.

Dari kisah Nabi Yusuf ini, Nabi Muhammad SAW mengambil pelajaran yang banyak dan juga menjadi penghibur beliau dalam menjalankan tugas dakwah.

Bahka ada ulama yang mengatakan bahwa barangsiapa yang hendak terhindar dari kesukaran hidup seperti kesulitan memperoleh rezeki, fitnah dan lain sebagainya, caranya yaitu dengan membaca secara istiqamah ayat 64 dari surah Yusuf setelah selesai menunaikan ibadah salat fardhu.



Adapun bacaan ayatnya yaitu:

قَالَ هَلْ ءَامَنُكُمْ عَلَيْهِ إِلَّا كَمَآ أَمِنتُكُمْ عَلَىٰٓ أَخِيهِ مِن قَبْلُ ۖ فَٱللَّهُ خَيْرٌ حَٰفِظًا ۖ وَهُوَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ


Berkata Ya'qub, ‘Bagaimana aku akan mempercayakannya (Bunyamin) kepadamu, kecuali seperti aku telah mempercayakan saudaranya (Yusuf) kepada kamu dahulu?’ Maka Allah adalah sebaik-baik Penjaga dan Dia adalah Maha Penyanyang diantara para penyanyang.” (QS Yusuf: 64)

Mahabbah

Surah Yusuf bisa digunakan untuk wasilah atau doa Mahabbah. Barangsiapa yang ingin dicintai dan disukai oleh banyak orang, maka biasakan membaca ayat ke-4 dari Surat Yusuf minimal sebanyak tiga kali. Adapun Bacaan ayatnya yaitu:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ


Ingatlah ketika Yusuf berkata kepada ayahnya wahai ayahku sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang matahari dan bulan kulihat semuanya sujud kepadaku” (QS Yusuf: 4)

(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)
pixels