Kisah Perjalanan Haji Evlia Celebi Tahun 1672, Mimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW

Kamis, 29 Juni 2023 - 07:28 WIB
loading...
Kisah Perjalanan Haji Evlia Celebi Tahun 1672, Mimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW
Penggambaran awal abad ke-19 tentang prosesi Haji Ottoman oleh seniman Georg Manuel Lopiz. (MEE)
A A A
Pada abad ke-17, bangsawan Turki Evliya Celebi mengisahkan tentang keputusannya melakukan perjalanan melintasi Anatolia, Eropa Timur, Kaukus, dan sebagian besar Timur Tengah .

Saat masih muda, Celebi mengaku bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad SAW di dalam masjid. Dalam mimpinya itu ia tidak meminta syafaat Rasulullah di Hari Pengadilan. Yang ia minta justru agar diizinkan menjadi pengembara. Ia ingin bepergian ke mana ia suka.

Nabi setuju. Selanjutnya yang terjadi adalah perjalanan Celebi selama puluhan tahun melintasi Kekaisaran Ottoman dan daerah tetangganya.



Perjalanan Celebi dicatat dalam Seyahetname ("Buku Perjalanan") dan merupakan campuran dari peristiwa aktual dan beberapa yang melampaui batas kredibilitas.

Tentang hajinya, Celebi melakukan perjalanan menyusuri pantai Anatolia hingga ke Yerusalem sebelum bergabung dengan kafilah haji di Suriah.

Sebagai seorang bangsawan Turki, Celebi memiliki akses ke pejabat senior Utsmani, serta pemimpin suku setempat, termasuk Sharif Makkah.

Perjalanannya ke Makkah merupakan bagian dari kafilah Utsmaniyah yang bersenjata lengkap. Pasukan ini diperlukan untuk mencegah bandit mengganggu para peziarah yang melakukan perjalanan melalui medan gurun.

Ketika akhirnya sampai di Makkah, musafir Utsmani memberikan gambaran yang kaya tentang adat istiadat dan orang-orang di kota itu.

"Orang-orang Makkah berkulit gelap, beberapa dari mereka kemerahan atau kecoklatan, dengan mata seperti kijang, ucapan manis, wajah bulat, menjaga nasihat mereka sendiri, tuan-tuan keturunan Hashemite murni," tulisnya tentang penduduk kota suci, yang katanya kebanyakan bekerja sebagai pedagang.



Rute Haji

Lahir di Istanbul dari keluarga kaya dan berpengaruh pada 1611, Celebi meninggalkan catatan perjalanan pribadinya. Ia antara lain meninggalkan catatan berharga tentang rute ziarah haji dan jalur stasiun antara Damaskus dan Makkah.

Di dalamnya tergambarkan pengalamannya bepergian melalui berbagai desa dan kota di sepanjang rute haji dengan biaya dari Sultan Mehmet IV.

Pada 2 Maret 1671, Celebi meninggalkan Damaskus menuju Makkah dengan karavan haji. Dia menulis 10 catatan perjalanan yang menggambarkan Balkan, Rusia, Rumelia, Austria, Kaukasus, Suriah, Palestina, Armenia, Mesir, Sudan, dan Hijaz.

Sejak zaman Sultan Suleiman yang Agung, yang secara hukum menetapkan hadiah dan uang dikeluarkan dari perbendaharaan Suriah pada 77 kepala suku untuk melindungi kafilah haji, para syekh dari suku-suku tertentu dengan 40 ribu hingga 50 ribu untanya menunggu kedatangan karavan peziarah ini.

Penggambaran Celebi yang gamblang ini bisa dibayangkan pengaturan kafilah haji dari sebuah kamp yang didirikan untuk digunakan selama beberapa hari, atau digunakan untuk istirahat dan persinggahan air.



Dari catatan itu juga diketahui pada tengah malam terompet akan berbunyi untuk mengumumkan keberangkatan karavan. Pengepakan, pemuatan dan penempatan unta, kuda, dan bagal memakan waktu sepanjang malam, yang mana mereka bergerak saat fajar.

Keamanan menjadi perhatian utama Amir Al Haj, atau komandan karavan. Mereka disebut akan mengorganisasi perlindungan militer yang terdiri dari 5.120 janisari bersenjata dan terorganisasi dengan baik untuk mengusir serangan Badui.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2936 seconds (0.1#10.140)