alexametrics

Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Lafaz Niatnya

loading...
Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Lafaz Niatnya
Puasa sunnah Senin merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Foto/Ist
Kelebihan puasa dari ibadah lain adalah adanya jaminan Allah Ta'ala bagi mereka yang mengerjakannya. Puasa menjadi salah satu amalan yang dicintai Allah selain salat malam.

Bagi mereka yang berpuasa, Allah menyampaikan kabar gembira dalam satu hadis yang artinya: "Seluruh amalan anak Adam untuk mereka sendiri, kecuali puasa. Sungguh, ibadah puasa itu untuk-Ku. Akulah yang langsung akan memberikan imbalannya. Puasa adalah perisai." (Shahih Al-Bukhari).

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda: "Surga memiliki delapan pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa." (HR. Al-Bukhari). (Baca Juga: Pencernaan Semakin Sehat dengan Puasa Syawal)

Dalam riwayat lain, dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya): "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak Kasturi". (HR. Muslim No 1151)



Keutamaan Puasa Senin
Puasa sunnah Senin adalah puasa sunnah yang diamalkan pada hari Senin. Puasa sunnah Senin merupakan salah satu amalan yang sangat dahsyat. Amalan ini memiliki keutamaan yang tersambung dengan amalan Nabi SAW.

1. Mendapat keutamaan besar karena beribadah saatcatatan amal dihadapkan kepada Allah Ta'ala.
2. Memberi Kemaslahatan bagi tubuh karena ada waktu istirahat setiap pekannya.
3. Mendapat pahala dan keberkahan karena mengamalkan sunnah Nabi. (Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Juli 2020 dan Niatnya)



Adapun dalil anjuran berpuasa sunnah Senin, dari Abu Qatadah Al-Anshari RA, Rasulullah SAW pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas Beliau SAW menjawab:

ﺫَﺍﻙَ ﻳَﻮْﻡٌ ﻭُﻟِﺪْﺕُ ﻓِﻴﻪِ ﻭَﻳَﻮْﻡٌ ﺑُﻌِﺜْﺖُ ﺃَﻭْ ﺃُﻧْﺰِﻝَ ﻋَﻠَﻰَّ ﻓِﻴﻪِ

"Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku." (HR. Muslim No. 1162)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
اِنَّا خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ مِنۡ نُّطۡفَةٍ اَمۡشَاجٍۖ نَّبۡتَلِيۡهِ فَجَعَلۡنٰهُ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا
Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

(QS. Al-Insan:2)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak