Keutamaan Surah Al-Hajj, Salah Satunya sebagai Senjata untuk Mengalahkan Musuh

Senin, 03 Juli 2023 - 18:46 WIB
loading...
Keutamaan Surah Al-Hajj, Salah Satunya sebagai Senjata untuk Mengalahkan Musuh
Keistimewaan dan khasiat lainnya Surat Al-Hajj adalah sebagai wasilah atau doa agar dapat melaksanakan ibadah haji di Baitullah. Foto/Ilustrasi: Aljazeera
A A A
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Al-Hajj , Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya di atas perkamen dari kulit rusa dan meletakkannya di samping perahu maka angin yang keras akan datang padanya dan perahu itu tidak akan selamat.

"Dan barangsiapa menulisnya dan memercikkannya di tempat yang dihuni oleh seorang hakim atau gubernur (penguasa kota) maka dia tidak dapat menjalankan kehidupan dengan baik kecuali setelah dia keluar darinya," ujarnya. .



78 Ayat
Surat Al-Hajj artinya adalah “haji”. Surat ini terdiri atas 78 ayat dan termasuk dalam golongan surat Madaniyyah. Sedangkan menurut sebagian ulama tafsir termasuk golongan surat Makkiyyah. Adapun yang mendasari perbedaan itu salah, sebagian ayatnya memang ada yang diturunkan di Makkah dan sebagian lagi ada yang diturunkan di kota Madinah.

Sedangkan dinamakan Surat Al-Hajj, karena di dalamnya memuat hal-hal yang berkaitan dengan ibadah haji, seperti ihram, thawaf, sai, tahallul dan wukuf di Arafah.

Menurut Al-Gaznawi, Surat Al-Hajj termasuk surat yang ajaib, karena ia diturunkan di waktu siang dan malam, dalam keadaan musafir dan juga mukim, ada yang diturunkan di Makkah dan juga Madinah, isinya berkaitan dengan peperangan dan juga perdamaian, serta ada ayat-ayat muhkamat dan juga mutasyabihat.

Salah satu keutamaan Surat Al-Hajj bisa dibandingan dengan surat lainnya, yaitu karena Allah telah menempatkan dua ayat sajadah di dalamnya. Uqbah nin Amir telah bercerita bahwa pada suatu kesempatan, aku bertanya kepada Nabi, “Wahai Rasulullah, apakah surat Al-Hajj diberi keutamaan di dalam Al-Qur’an dengan dua sujud?”

Maka baginda menjawab, “Benar, maka barangsiapa yang tidak sujud pada keduanya (ayat sajadah), hendaklah ia tidak membacanya.” (HR Ahmad)



Ketika seseorang sedang berhadapan dengan musuh, atau merasa ada seseorang yang hendak menyakitinya, atau memfitnahnya, maka hendaknya ia membaca Surat Al-Hajj secara istiqamah, InsyaAllah, musuh itu akan binasa dengan sendirinya.

Keistimewaan dan khasiat lainnya Surat Al-Hajj adalah sebagai wasilah atau doa agar dapat melaksanakan ibadah haji di Baitullah.

Abi Abdullah dalam kitab Tsawabul A’mal berkata, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Hajj di setiap tiga hari, maka ia tidak akan meninggalkan (satu) tahunnya, ia dapat pergi ke Baitul-haram, dan jika ia meninggal dalam perjalanannya, maka ia masuk surga.”

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)