Mad Lazim: Pengertian, Contoh dan Cara Bacanya

Kamis, 06 Juli 2023 - 12:21 WIB
loading...
Mad Lazim: Pengertian, Contoh dan Cara Bacanya
Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Qur’an yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Foto ilustrasi/ist
A A A
Mad lazim merupakan salah satu cara cara baca di dalam Al-Qur’an yang wajib diketahui oleh seluruh umat Islam. Sebab, hukum bacaan yang satu ini kerap di temui dalam ayat-ayat Al-Qur’an.

Hukum bacaan mad lazim akan dibaca panjang jika memiliki ciri-ciri tertentu. Biasanya memiliki tanda coretan panjang yang diikuti dengan mad thobi’i. Akan tetapi tergantung pada mad lazim itu sendiri.

Pengertian Mad Lazim

Mad secara bahasa artinya adalah bacaan panjang dan lazim bisa diartikan wajar dan pasti. Sehingga arti dari mad lazim itu sendiri, yakni suatu bacaan panjang yang terdapat di dalam Al-Qur’an dengan panjang yang wajar dan pasti.

Tidak seperti mad pada umumnya, mad lazim sendiri terbagi menjadi empat macam, yaitu mad lazim mutsaqqal kilmi, mukhaffaf kilmi, mutsaqqal harfi dan mukhaffaf harfi. Berikut penjelasannya.

1. Mad lazim mutsaqqal kilmi

Mad lazim mutsaqqal kilmi secara bahasa adalah suatu bacaan di dalam Al-Qur’an yang lazim dibaca panjang sepanjang tiga alif atau enam harakat dan berat dalam satu kalimat.

Sedangkan menurut istilah mad lazim mutsaqqal kilmi adalah kalimat yang wajib dibaca panjang tiga atau enam harakat dan diberakan karena terdapat huruf mad yang diiringi dengan huruf berharakat tasydid dalam satu kata. Cara membacanya diberatkan sebab diidghamkan.

Contohnya pada kalimat :
وَلاَ الضَّالِّيْنَ، كَافَّة، اَلْحـَــاقَّة

2. Mad lazim mukhaffaf kilmi

Mad lazim mukhaffaf kilmi secara bahasa adalah suatu bacaan di dalam Al-Qur’an yang wajib dibaca panjang tiga atau enam harakat dan diringankan dalam suatu kalimat.

Sedangkan menurut istilah, Mad lazim mukhaffaf kilmi adalah kalimat yang wajib dibaca panjang tiga alif atau enam harakat dan diringankan karena terdapat huruf mad yang diiringi huruf berharakat sukun dalam satu kata dan tidak diidghamkan.

Di dalam Al-Quran, contoh bacaan dari hukum bacaan mad yang satu ini hanya ada satu kata, yaitu آلآن. Bacaan ini tidak banyak di dalam Al-Qur’an, hanya ada pada beberapa Surat diantaranya, Surat Yunus ayat 51 dan 91. Contohnya :

أَثُمَّ إِذَا مَا وَقَعَ آمَنْتُمْ بِهِ ۚ آلْآنَ وَقَدْ كُنْتُمْ بِهِ تَسْتَعْجِلُونَ (يونس:[51

آلْآنَ وَقَدْ عَصَيْتَ قَبْلُ وَكُنْتَ مِنَ الْمُفْسِدِينَ (يونس:91

3. Mad lazim mutsaqqal harfi

Mad lazim mutsaqqal harfi menurut bahasa adalah suatu bacaan dalam Al-Qur’an yang lazim dibaca panjang sepanjang tiga alif atau enam harakat dan diberatkan. Ciri hukum bacaan mad ini yaitu adanya mad yang bertemu tasydid atau diidghamkan.

Hukum bacaan mad lazim mutsaqqal harfi terjadi pada fawatihus suwar (huruf awal atau pembuka surah). Adapun huruf fawatihus suwar (huruf awal/pembuka surah) adalah sebagai berikut ن ,ق ,ص ,ع ,ل ,س ,ك م,

Contohnya :
الم ‬– ‫طسم ‬– ‫المص

4. Mad lazim mukhaffaf harfi

Mad lazim mukhaffaf harfi merupakan suatu bacaan yang lazim untuk dibaca panjang tiga alif atau enam harakat dan diringankan. Hal itu dapat terjadi karena terdapat mad pada fawatihus suwar yang tidak diiringi dengan huruf berharakat tasydid.

Contohnya :
طه – يس – حم – الر- كٓهٰيٰـعٓـصٓ

Cara Baca Mad Lazim

Mad lazim merupakan suatu bacaan Al-Qur’an yang wajib dibaca panjang dan panjangnya tiga alif atau enam harakat. Panjang bacaan ini berlaku untuk semua mad lazim tanpa terkecuali.

Dari semua mad lazim yang ada, cara membacanya tetap sama, tetapi yang membedakan hanyalah tandanya saja. Dengan adanya bacaan mad lazim, kita tahu bahwa di dalam Al-Qur’an banyak bacaan yang dibaca lumayan panjang.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0882 seconds (0.1#10.140)