Macam Tanda Waqaf dalam Al-Qur'an Serta Cara Membacanya

Jum'at, 07 Juli 2023 - 23:41 WIB
loading...
Macam Tanda Waqaf dalam Al-Quran Serta Cara Membacanya
Waqaf artinya berhenti sejenak ketika membaca ?atu lafadz atau bacaan dalam Al-Quran. Foto ilustrasi/dok @HijazAmir94
A A A
Macam-macam tanda Waqaf dalam Al-Qur'an serta cara membacanya wajib diketahui umat muslim. Sebelum mempelajari tanda-tanda Wakaf dalam Al-Qur'an, kita perlu mengetahui nama-nama Wakaf dalam kaidah ilmu tajwid.

Pengertian Wakaf
Istilah Waqaf berasal dari Bahasa Arab (وقف‎) yang artinya berhenti atau menahan. Sеdаngkаn menurut istilah, Waqaf adalah berhenti sejenak ketika membaca ѕuаtu lafadz уаng terdapat tanda waqafnya untuk mengambil nafas sebelum melanjutkan bacaan.

Selain Waqaf, ada juga istilah Wasal yang artinya bersambung atau terus melanjutkan bacaan. Wakaf dan Wasal ini dapat dikenali dari tanda yang biasanya diberi tanda atau simbol huruf Hijaiyah.

Nama-nama Wakaf dalam Al-Qur'an

1. Waqaf Taamm (وَقَفْ تام)
Yaitu Wakaf уаng sempurna. Artinya memberhentikan ѕuаtu bacaan secara sempurna. Tidak memutuskan atau berhenti di tengah-tengah ayat atau bacaan.

2. Waqaf Kafi (وَقَفْ ﻛﺎﻒ)
Yaitu Waqaf уаng wajar atau memadai. Maksudnya adalah mewaqafkan atau memberhentikan bacaan dengan sempurna. Tidak terputus di tengah-tengah ayat atau bacaan, walaupun sebenarnya ayat itu masih memiliki kaitan dengan arti dan ayat sesudahnya.

3. Waqaf Hasan (وَقَفْ ﺣﺴﻦ)
Yaitu Waqaf уаng baik. Artinya, memberhentikan bacaan tanpa mempengaruhi arti dan ayat sesudahnya. Namun, secara bacaan ayatnya masih berhubungan dengan ayat setelahnya.

4. Waqaf Qabiih (وَقَفْ ﻗَﺒﻴْﺢ)
Yaitu Waqaf уаng buruk. Maksudnya memberhentikan bacaan secara tidak sempurna atau berhenti di tengah-tengah ayat sehingga menimbulkan makna dan arti yang berbeda pada suatu bacaan.

Macam-macam Tanda Waqaf dalam Al-Qur'an

1. Waqaf Lazim atau Tanda Mim (م)
Tanda berhenti ini ditandai dengan (م) yang artinya "Harus berhenti". Waqaf lazim disebut waqaf yang sempurna dan tidak ada terkait dengan kalimat sesudahnya.

Contoh Wakaf Lazim ini terdapat pada bacaan Surat Al-Baqarah Ayat 8 berikut:

وَمِنَ النَّاسِ مَنۡ يَّقُوۡلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالۡيَوۡمِ الۡاٰخِرِ وَمَا هُمۡ بِمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۘ‏

Wa minannaasi may yaquulu Aamannaa billaahi wa bil yawmil Aakhiri wa maa Humm bimu'miniin.

2. Waqaf Laa Washal Atau Tanda Lam (لا)
Artinya "Tidak boleh berhenti". Jika terdapat tanda waqaf (لا) di tengah ayat, maka tidak boleh berhenti. Tetapi jika berada di akhir ayat maka dibolehkan berhenti.

Contoh Bacaan Wakaf (لا) ini terdapat pada Surat Al-Baqarah Ayat 10 berikut:

فِىۡ قُلُوۡبِهِمۡ مَّرَضٌۙ فَزَادَهُمُ اللّٰهُ مَرَضًا ‌ۚ وَّلَهُمۡ عَذَابٌ اَلِيۡمٌۙۢ بِمَا كَانُوۡا يَكۡذِبُوۡنَ‏

Fii quluubihim maro dhum fazaadahumul laahu maradan wa lahum 'adzaabun 'Aliimum bimaa kaanuu yakdzibuun.

3. Tanda Waqaf Waslu Ula Atau Tanda Shad La (صلى)
Artinya "Diutamakan untuk meneruskan bacaan (melanjutkan)". Jika menjumpai tanda waqaf ini, maka kita diperbolehkan untuk berhenti atau melanjutkan. Tetapi diutamakan untuk melanjutkan.

Contoh Bacaan Wakaf (صلى) ini terdapat pada Surat Al-Baqarah Ayat 14 berikut:

وَاِذَا لَقُوۡا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا قَالُوۡاۤ اٰمَنَّا ۖۚ وَاِذَا خَلَوۡا اِلٰى شَيٰطِيۡنِهِمۡۙ قَالُوۡاۤ اِنَّا مَعَكُمۡۙ اِنَّمَا نَحۡنُ مُسۡتَهۡزِءُوۡنَ

Wa idzaa laqul ladziina Aamanuu qooluuu Aamannaa wa idzaa khalaw ilaa syayaatiinihim qooluuu innaa ma'akum innamaa nahnu mustahzi'uun.

4. Waqaf Mu'anaqah/Muraqabah Atau Tanda Titik Tiga (∴....... ∴)
Artinya dianjurkan "Berhenti di salah satu tanda titik tiga tersebut". Waqaf ini akan selalu muncul dua kali dalam satu ayat. Maka kita harus berhenti di salah satu tanda waqaf tersebut.

Contoh Bacaan Wakaf (∴....... ∴) ini terdapat pada Surat Al-Baqarah Ayat 2 berikut:
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)