Surat Al-Anbiya' Ayat 30, Doa Memohon Diberi Kemudahan ketika Melahirkan

Senin, 10 Juli 2023 - 13:29 WIB
loading...
Surat Al-Anbiya Ayat 30, Doa Memohon Diberi Kemudahan ketika Melahirkan
Surat Al-Anbiya ayat 30 bisa digunakan untuk wasilah atau doa memohon diberi kemudahan ketika sedang melahirkan. Foto/Ilustrasi: ist
A A A
Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Qur'an untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Surat Al-Anbiya' ayat 30 antara lain bisa digunakan untuk wasilah atau doa memohon diberi kemudahan ketika sedang melahirkan. Adapun caranya adalah dengan membaca Surat Al-Anbiya' ayat 30 sebanyak-banyaknya.

اَوَلَمۡ يَرَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡۤا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضَ كَانَـتَا رَتۡقًا فَفَتَقۡنٰهُمَا‌ ؕ وَجَعَلۡنَا مِنَ الۡمَآءِ كُلَّ شَىۡءٍ حَىٍّ‌ ؕ اَفَلَا يُؤۡمِنُوۡنَ

Awalam yaral laziina kafaruuu annas samaawaati wal arda kaanataa ratqan faftaqnaahumaa wa ja'alnaa minal maaa'i kulla shai'in haiyin afalaa yu'minuun

Artinya: Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya; dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air; maka mengapa mereka tidak beriman?



Perahu Nabi

Surat Al-Anbiya' artinya adalah "perahu Nabi". Surat ini terdiri atas 112 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah. Ia dinamakan Surat Al-Anbiya' karena di dalamnya menceritakan tentang kisah beberapa Nabi.

Nabi-nabi itu di antaranya adalah kisah Nabi Ibrahim yang mengajak ayahnya untuk menyembah Allah, bantahannya terhadap kaumnya yang menyembah berhala dan bantahannya terhadap Raja Namrudz yang menganggap bahwa dirinya adalah Tuhan. Dan juga kisah Nabi Nuh, Nabi Daud , Sulaiman, Nabi Ayub, Nabi Yunus, dan Kisah Nabi Zakaria .

Keistimewaan lain surah ini bagi yang membaca seperti orang yang menemani seluruh Nabi di Surga An-Na'im. "Barangsiapa yang membaca Surat Al-Anbiya' karena cinta kepadanya, maka ia seperti orang yang menemani seluruh Nabi di surga An'-Na'im, dan ia hidup dengan penuh kemuliaan di hadapan manusia di dunia," ujar Abi Abdullah dalam kitab Tsawabul A'mal.

Dalam kitab Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Nabi SAW pernah bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat ini, maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah, semua nabi yang disebutkan dalam surat ini akan menjabat tangannya dan mengucapkan salam kepadanya."

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)