Politisi Anti-Islam yang Mualaf Ini Bilang Kompas Moral Barat Telah Hilang

Jum'at, 14 Juli 2023 - 05:59 WIB
loading...
Politisi Anti-Islam yang Mualaf Ini Bilang Kompas Moral Barat Telah Hilang
Mualaf Belanda Joram van Klaveren. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
"Kompas moral dan agama Barat telah hilang," ujar Joram van Klaveren mengomentari insiden pembakaran Al-Qur'an di Swedia dan negara Eropa lainnya. "Dengan hilangnya kompas moral dan agama ini, pemahaman tentang dan untuk sentimen agama juga tidak ada lagi," tambahnya.

Joram van Klaveren adalah penulis buku anti-Islam yang kini menjadi mualaf . Sebelumnya dia sempat menjadi anggota parlemen Belanda . Kala itu, dia dikenal sebagai kritikus Islam yang penuh kebencian. Belakangan ia mendapat hidayah dan masuk Islam.

Dia adalah pendiri Islam Experience Centre, museum Islam pertama di Belanda. "Yang terbaik di antara kalian adalah yang paling baik akhlaknya," ujar Joram van Klaveren mengutip sebuah hadis saat menyampaikan curahan hatinya terkait peristiwa pembakaran al-Quran.

Berikut selengkapnya tulisan Joram van Klaveren berjudul "Quran burnings show moral decay of the West" yang dilansir laman trtworld sebagai tanggapan atas insiden pembakaran al-Quran di Swedia dan negara Eropa lainnya.



Mengerek Popuparitas

Sangat menyakitkan dan menghina. Ini hanya beberapa kualifikasi yang bisa kami sampaikan untuk insiden pembakaran Al-Quran baru-baru ini di beberapa negara, seperti Swedia dan Belanda.

Politisi pinggiran dan tokoh-tokoh yang tidak dikenal menendang jiwa Muslim dengan penodaan kitab suci Islam untuk menarik perhatian. Mengerek popularitasnya.

Bahwa ada orang gila dan antisosial bukanlah hal baru. Itu adalah sesuatu yang ada di sepanjang masa. Ditemukan di semua negara dan di antara semua orang.



Apa yang relatif baru adalah fakta bahwa menginjak-injak apa yang paling disayangi orang lain - keyakinan - dihargai dan bahkan difasilitasi oleh beberapa pemerintah.

Dengan kedok kebebasan berekspresi, segala sesuatu tampaknya diizinkan di beberapa negara Eropa akhir-akhir ini. Penafsiran kebebasan berekspresi yang sepenuhnya sepihak tampaknya telah dinyatakan sakral.

Dalam konteks itu, kita bahkan melihat pembakaran dan menyobekan Al-Qur'an - yang sangat provokatif di sudut masjid - terjadi di bawah pengawalan polisi.

Kehilangan Iman

Bahwa ini sama sekali bukan norma sejarah segera terlihat dari pandangan sepintas pada hukum pidana negara-negara yang mengizinkan pembakaran Al-Quran.

Penghinaan tunggal, penghinaan kelompok, pencemaran nama baik, fitnah dan penghasutan semuanya adalah pelanggaran yang dapat dihukum. Juga tidak diperbolehkan menghina perwira militer dan polisi. Menghina Raja bahkan bisa berujung empat bulan penjara di Belanda. Dan hingga 2014, penistaan juga merupakan tindak pidana.

Kerangka kebebasan berekspresi ini menunjukkan bahwa ada batasan dan bahwa kita sebagai masyarakat selalu ingin melihat sensitivitas tertentu disetujui.

Tapi sayangnya waktu telah berubah. Alasan yang dinyatakan hari ini bahwa, antara lain, membakar Al-Qur'an termasuk dalam kebebasan berekspresi berkaitan dengan apa yang disebut sekularisasi yang sedang berlangsung di Barat.



Sejak tahun 1970-an, pengaruh agama di banyak negara Eropa menurun drastis. Di mana selama berabad-abad, agama menjadi pusat kehidupan pribadi, pendidikan, politik, legislasi, media dan budaya, hal ini hampir tidak terjadi selama beberapa dekade terakhir.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)