Khasiat dan Keistimewaan Surah Ar-Rum Menurut Sayyid Al-Muqaddam

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:38 WIB
loading...
Khasiat dan Keistimewaan Surah Ar-Rum Menurut Sayyid Al-Muqaddam
Barangsiapa yang membaca surat Surat Ar-Rum, maka ia memperoleh pahala sepuluh kebaikan sejumlah malaikat. Foto/Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surah Ar-Rum , Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa yang meletakkannya di bejana kaca yang ujung kepalanya sempit di rumah suatu kaum maka orang yang ada di dalamnya akan menjadi sakit, dan jika ada orang asing masuk ke dalamnya dia pun menjadi sakit.

Dalam Tafsirul Burhan disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Ar-Rum), maka ia memperoleh pahala sepuluh kebaikan sejumlah malaikat yang mensucikan (membaca tasibih) Allah di langit dan bumi.”



Kerajaan Romawi

Ar-Rum artinya adalah “Bangsa Romawi”. Surat Ar-Rum terdiri atas 60 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah surat Al-Insyiqaq.

Ia dinamakan Surat Ar-Rum karena surat ini memuat berita tentang kerajaan Romawi yang pada mulanya dikalahkan kerajaan Persia, namun beberapa tahun kemudian akhirnya mereka berhasil menuntut balas dan mengalahkan kerajaan Persia itu.

Berita itu terutama terdapat pada Surat Ar-Rum ayat 2, 3 dan 4. Berita itu juga menjadi salah satu mukjizat, di mana Al-Qur’an telah menyampaikan kejadian yang bakal terjadi di masa depan.

Itu juga menjadi penyemangat bagi kaum Muslimin, bahwa mereka pun bisa mengalahkan kaum Musyrik (yang lebih kuat). Hal itu terbukti pertama kalinya pada perang Badar.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)