Khasiat Surat Fushilat, Salah Satunya Mengobati Rabun

Senin, 31 Juli 2023 - 13:59 WIB
loading...
Khasiat Surat Fushilat, Salah Satunya Mengobati Rabun
Khasiat surat Fushilat salah satunya mengobati rabu, Foto/Ilustrasi: medpagetoday
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Fushilat , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan barangsiapa menulisnya dan mencampurnya dengan air hujan lalu airnya itu dipakainya untuk bercelak maka dia akan terlindung dari sakit mata, rabun, dan berbagai penyakitmata lainnya.

Dalam kitab "Tsawabul A’mal" disebutkan bagi yang membacanya kelak akan jadi cahaya pada hari kiamat dan mendapatkan kebahagiaan dunia. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca ha mim As-Sajdah (Surat Fushilat), maka surat itu akan menjadi cahaya untuknya di hari kamat sejauh mata memandang, dan ia menjadi kebahagiaan. Dan (pembacanya) akan hidup di dunia dengan terhormat dan bahagia.”



Fushilat artinya “yang dijelaskan”. Surat ini terdiri atas 54 ayat, termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Al-Mu’min. Dinamakan Surat Fushilat karena berhubungan dengan lafadz fushshilat yang terdapat pada permulaan surat ini.

Adapun yang dimaksud dengan “yang dijelaskan” adalah ayat-ayat yang diperinci dengan jelas tentang hukum-hukum keimanan, janji dan ancaman, akhlak budi pekerti, berbagai kisah, dan lain sebagainya.

Nama lain dari Surat Fushshilat adalah Surat Ha Mim, karena diawali dengan ha mim disebut dengan As-Sajadah, karena di dalamnya terdapat ayat sajadah.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)