Khasiat Surat Asy-Syura, Salah Satunya Bisa Membakar Setan

Selasa, 01 Agustus 2023 - 11:30 WIB
loading...
Khasiat Surat Asy-Syura, Salah Satunya Bisa Membakar Setan
Jika air ini dipercikkan di atas orang yang tak sadarkan diri (kesurupan) maka setannya akan terbakar. Ilustrasi: Ist
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Asy-Syura’ , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam, mengatakan barangsiapa menulisnya dan meminumnya saat melakukan perjalanan maka dia akan sedikit merasa kehausan. Dan jika air ini dipercikkan di atas orang yang tak sadarkan diri (kesurupan) maka setannya akan terbakar (kabur) dan tidak akan kembali lagi padanya.

Dalam kitab Tafsirul Burhan juga disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barangsiapa yang menuliskannya dan menggantungkannya (membawanya), maka ia akan aman dari gangguan orang lain. Dan barangsiapa yang meminumnya (yakni menuliskan di suatu wadah, atau kertas lalu diberi air), maka ia akan aman dalam perjalanannya.”



Sedangkan dalam kitab "Tsawabul A’mal" disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini, maka para malaikat akan berdoa untuknya, mengasihinya setelah mati. Dan barangsiapa yang menuliskan surat ini dengan air hujan, dan mengucurkannya ada celak, dan bila seorang menggunakan celak itu pada matanya, maka segala penyakit matanya akan hilang dengan izin Allah.”

Musyawarah

Asy-Syura sendiri artinya adalah “musyawarah”. Surat yang terdiri atas 53 ayat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyyah (surat yang diturunkan di kota Makkah), dan turun setelah Surat Fushilat. Ia dinamakan Surat Asy-Syura karena merujuk pada lafaz Asy-Syura yang ada pada ayat ke 38 surat ini.

Dalam ayat tersebut diletakkan salah satu dasar-dasar pemerintahan Islam, yaitu musyawarah. Selain nama tersebut, Surat Asy-Syura juga disebut dengan Surat “Ha Mim ‘Ain Sin Qaf”, karena surat ini di awali dengan lafaz-lafaz tersebut.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)