Kisah Libya Menjadi Negara Transit Para Migran Menuju Eropa

Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:28 WIB
loading...
Kisah Libya Menjadi Negara Transit Para Migran Menuju Eropa
Migrasi dari Libya ke Eropa menggunakan kapal nelayan. Foto/IlustrasI; qantara
A A A
Ali Majdi masih ingin mencoba bermigrasi ke Eropa . Padahal belum lama ini ratusan orang tewas ketika sebuah kapal nelayan terbalik di lepas pantai Yunani . Kapal itu kelebihan muatan penumpang saat mengarungi lautan dari Libya menuju Eropa.

Pengungsi Suriah berusia 28 tahun itu telah mencoba meninggalkan Libya ke Eropa sekali. Dia membayar penyelundup manusia di kota pesisir Zawiya US$1.960 atau sekitar Rp29,6 juta dan akhirnya bisa naik perahu melintasi Mediterania. Tujuan akhir Majdi adalah Jerman, tempat tinggal keluarganya sekarang. Dia belum melihat mereka selama delapan tahun.

Hanya saja, kapal tersebut dicegat oleh penjaga pantai Libya dan dipaksa kembali ke Libya. "Harapan saya hancur," katanya kepada DW, sebagaimana dikutip Qantara. "Mereka memaksa saya untuk kembali ke sini. Saya sangat terpukul. Tapi saya bertekad untuk mencoba lagi."

"Saya tahu risikonya," lanjutnya, "tetapi saya masih ingin berlayar melintasi Mediterania. Saya harus mencapai Jerman."



Majdi hanyalah satu dari ratusan ribu orang asing di Libya. Ada yang senang tetap di sana, ada pula yang masih berusaha mencari jalan keluar. Menurut angka Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), ada lebih dari 700.000 orang migran di Libya saat ini, yang merupakan lebih dari 10% dari total populasi negara itu.

Pada saat ini Libya masih terpecah secara politik, setelah revolusi yang menggulingkan Muammar Gaddafi. Negara Afrika Utara itu telah menjadi titik jalan yang populer bagi para migran. Wilayah ini relatif dekat dengan pantai Yunani dan Italia.

Lebih dari 56.000 orang melakukan perjalanan melintasi laut ke Italia dalam 3 bulan pertama tahun ini. Sekitar setengah dari mereka memulai perjalanan mereka dari Libya.

Majdi mengatakan bahwa dia tentu saja khawatir dengan risiko penyeberangan lagi dan dia mengakui bahwa dia juga takut dengan penjaga pantai Yunani.

Rumah Baru

Tidak semua orang merasa seperti ini. Rida Solan berasal dari Pakistan dan dia juga awalnya ingin datang ke Eropa untuk bekerja. Warga Suriah, Pakistan, dan Bangladesh seringkali dari Suriah dengan penerbangan sipil ke Libya, sebelum mencoba menuju Eropa. Orang-orang yang datang dari tempat lain, termasuk dari Afrika, sering menyeberang ke Libya di perbatasan darat.

Solan membayar US$2.175 atau sekitar Rp36,6 juta kepada penyelundup manusia di Zawiya. Daerah ini dikenal sebagai sarang aktivitas penyelundupan. Upaya pertama pergi ke Eropa ini gagal. Pria berusia 31 tahun itu ditangkap oleh otoritas Italia, lalu dikembalikan ke Libya.



Kini, Solan memutuskan untuk tetap tinggal di Libya. Dia telah berhasil mendapatkan pekerjaan di toko jus di Misrata, sebuah kota sekitar 220 kilometer lebih jauh di sepanjang pantai dari Zawiya dan dengan senang hati menabung.

"Saya bersumpah untuk tidak mempertimbangkan migrasi lagi atau mempertaruhkan hidup saya," katanya. "Dan saya memutuskan untuk tinggal di sini dan bekerja di Misrata karena ini adalah salah satu kota teraman di negara ini."

Menurutnya, Libya bagus karena semua yang ada di sini gratis, seperti listrik dan air. "Jadi saya bisa menghemat lebih banyak uang daripada di Eropa," katanya.

Cara Paling Aman

Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB atau IOM melaporkan pada pertengahan Juni 2023 setidaknya 7.292 orang telah dipulangkan ke Libya ketika mereka mencoba menyeberang ke Eropa melalui apa yang dikenal sebagai rute Mediterania tengah.

Organisasi itu juga mengatakan bahwa pada periode yang sama, 662 orang meninggal dan 368 orang hilang.

Kematian dan penghilangan terakhir adalah alasan mengapa penyelundup manusia yang berbasis di Libya mempromosikan diri mereka sebagai penyedia "perjalanan aman" melintasi Mediterania.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)