Khasiat Surat Al-Jatsiyah, Salah Satunya Aman dari Gangguan Segala yang Menakutkan

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 13:07 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Jatsiyah, Salah Satunya Aman dari Gangguan Segala yang Menakutkan
Barangsiapa yang membawanya (membacanya), maka ia akan aman dari segala bencana, Ilustrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Jatsiyah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan, barangsiapa yang membawanya maka dia akan aman dari segala yang menakutkan. "Dan barangsiapa yang meletakkannya di bawah kepalanya maka dia akan aman dari gangguan jin," ujarnya.

Dalam Tsawabul A’mal disebutkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Jatsiyah, maka pahalanya, ia tidak akan melihat api neraka, tidak mendengar hembusan Jahanam dan suaranya, dan ia akan bersama denganku.”



Sedangkan dalam Tafsirul Burhan dinyatakan barangsiapa yang membaca Surat Al-Jatsiyah, maka Allah akan menenangkan ketakutan hatinya di hari kiamat, ketika itu ia berlutut dengan aurat tertutup.

Barangsiapa yang menulisnya dan membawanya, maka ia akan aman dari paksaan orang-orang yang berlaku sewenang-wenang dan juga dari penguasa. Ia akan dihormati dan dicintai oleh setiap mata manusia yang melihatnya dengan penuh penghormatan, dengan izin Allah.

Di dalam kitab Al-Misbah lil Kafami juga dinyatakan bahwa barangsiapa yang membawanya (membacanya), maka ia akan aman dari segala bencana, dan ia juga terjaga dari keburukan (godaan) jin.



Yang Berlulut

Al-Jatsiyah artinya “yang berlutut”. Surat ini terdiri atas 37 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah dan diturunkan setelah Surat Ad-Dukhan. Ia dinamakan Surat Al-Jatsiyah karena merujuk pada lafaz jatsiyah yang terdapat pada ayat 28.

Pada ayat tersebut menceritakan tentang keadaan manusia pada hari kiamat nanti, di mana manusia dikumpulkan di hadapan pengadilan Allah yang memberikan keputusan atas segala amal perbuatan mereka selama hidup di dunia. Dan pada hari agung itu, semua umat manusia berlutut di hadapan-Nya.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)