Inilah Waktu Mustajab Mengerjakan Salat Tahajud

Minggu, 06 Agustus 2023 - 16:05 WIB
loading...
Inilah Waktu Mustajab Mengerjakan Salat Tahajud
Ada waktu-waktu mustajab yang dianjurkan untuk melaksanakan salat Tahajud, yakni sepertiga malam pertama, kedua dan ketiga menjelang fajar. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada waktu-waktu mustajab yang dianjurkan untuk melaksanakan salat Tahajud . Salat tahajud sendiri adalah ibadah qiyamul lail yang dilakukan secara khusus setelah tidur.

Tahajud berasal dari kata الهجود yang maknanya adalah tidur. Dikatakan تهجد الرجل jika dia bergadang dan meninggalkan tidurnya. Orang yang bangun untuk salat dikatakan sebagai orang yang Tahajjud, karena dia meninggalkan tidur pada dirinya. (Tafsir Qurthubi, 10/307)

Perintah untuk melaksanakan salat Tahajud dijelaskan dalam Surat Al-Isra', Allah Ta'ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا


"Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS Al-Isra': 79)

Inilah Waktu Mustajab Melaksanakan Salat Tahajud:

1. Sepertiga Malam Pertama

Waktu pertama yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam pertama. Sepertiga malam pertama adalah waktu yang berkisar antara setelah salat Isya hingga pukul 22.00 atau jam 10 malam.

2. Sepertiga Malam Kedua

Waktu berikutnya yang dianjurkan untuk mengerjakan sholat tahajud adalah sepertiga malam kedua. Sepertiga malam kedua merupakan waktu yang berkisar antara pukul 22.00 sampai 01.00 dinihari.

3. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu yang paling dianjurkan dan banyak disebut waktu mustajab untuk mengerjakan sholat Tahajud adalah pada sepertiga malam terakhir. Waktu sepertiga malam terakhir adalah rentang waktu antara pukul 01.00 hingga memasuki waktu Subuh.

Salah satu anjuran mengerjakan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir terdapat pada Hadits Riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim berikut:

"Setiap malam, Allah 'azza wa Jalla turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia (Allah) berkata, 'Adakah hambaKu yang meminta sehingga pasti akan Kuberikan apa yang dia minta? Adakah hambaKu yang berdoa hingga pasti Ku kabulkan doanya? Adakah hambaKu yang beristighfar sehingga Ku ampuni segala dosanya?"


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)