Khasiat Surat Al-Waqiah, Salah Satunya Menangkal Kemiskinan

Minggu, 13 Agustus 2023 - 07:40 WIB
loading...
Khasiat Surat Al-Waqiah, Salah Satunya Menangkal Kemiskinan
Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah Surat Al-Waqi’ah. Foto/Ilusrasi: SINDOnews
A A A
Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam dalam bukunya berjudul "Khazanah Al-Asrar" memaparkan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.

Khusus keistimewaan surat Al-Waqiah , Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan dapat memudahkan kelahiran.

Sedangkan dalam Tafsirul Burhan dinyatakan Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat ini (Surat Al-Waqi’ah), maka ia tidak dicatat termasuk golongan orang-orang yang lalai, dan jika surat ini ditulis dan diletakkan di dalam sebuah rumah, maka rumah itu akan dipenuhi dengan kebaikan. Dan barangsiapa yang membacanya terus-menerus, maka ia dapat terhindar dari kefakiran, permintaannya dikabulkan, semakin terlindungi, pertolongan dan rezeki yang melimpah.”



Ash-Shadiq berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya di dalam Surat Al-Waqi’ah terdapat manfaat yang tiada terhitung jumlahnya, di antaranya yaitu apabila dibacakan atas mayit, maka Allah akan memberikan ampunan kepadanya. Dan apabila dibacakan kepada orang yang mendekati ajal kematiannya, maka Allah akan mempermudah ruhnya keluar, dengan izin Allah.”

Al-Waqi’ah artinya “hari kiamat”. Surat Al-Waqi’ah terdiri atas 96 ayat, termasuk dalam golongan Surat Makkiyyah, dan diturunkan setelah surat Thaha. Ia dinamakan Surat Al-Waqi’ah karena merujuk pada lafaz waqi’ah yang terdapat pada ayat pertama.

Abu Bakar berkata, “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, ‘Apakah yang membuat tuan beruban?’ Rasulullah SAW menjawab, ‘Surat Hud, Al-Waqi’ah, Mursalat, ‘amma yatasa’alun (An-Naba’), dan idzasy-Syamsu kuwwirat (Al-Takwir).’” (Al-Hadis)

Dalam kitab Tsawabul A’mal disebutkan Abi Abdullah berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Surat Al-Waqi’ah di setiap malam Jumat. Maka Allah mencintainya dan menjadikan seluruh umat manusia mencintainya."

"Ia (pembaca Surat Al-Waqi’ah) tidak tertimpa kesengsaraan, kefakiran, kemiskinan dan marabahaya dunia. Dan ia termasuk golongan teman amirul mukminin. Surat ini dikhususkan untuk amirul mukminin, dan tiada seorang pun yang bersekutu di dalamnya.”



Muhammad bin Hamzah berkata, Ash-Shidiq berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah Surat Al-Waqi’ah. Dan barangsiapa yang suka melihat sifat neraka, maka bacalah ayat sajadah dan Surat Luqman."

Abu Ja’far berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca Surat Al-Waqi’ah setiap malam sebelum tidur, maka ia akan bertemu Allah (di akhirat) dengan wajah bersinar seperti bulan di malam bulan purnama.”
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)