10 Adab Makan Rasulullah SAW yang Patut Diteladani

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 20:27 WIB
loading...
10 Adab Makan Rasulullah SAW yang Patut Diteladani
Salah satu rahasia kesehatan Nabi Muhammad SAW adalah menjaga adab dan makanan yang dikonsumsi beliau. Foto ilustrasi/ist
A A A
Adab dan cara makan Rasulullah ﷺ penting diteladani seluruh umat Islam di dunia. Selain terdapat keberkahan dan nilai ibadah, mengikuti cara makan Rasulullah terbukti bermanfaat bagi kesehatan.

Cara makan Rasulullah ini merupakan adab terbaik dan paling sehat. Salah satu rahasia kesehatan Nabi Muhammad ﷺ adalah menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi beliau.

Berikut 10 adab dan cara makan baginda Rasulullah ﷺ yang patut kita teladani:

1. Niat dan Berdoa
Rasulullah ﷺ mengajarkan pentingnya niat dan berdoa sebelum memulai aktivitas. Ketika hendak makan, Nabi mengawalinya dengan ucapan "Bismillah" (dengan menyebut nama Allah) untuk mengundang berkah Allah dalam makanan tersebut. Atau bisa membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْراً مِنْهُهُ

Allahumma barik lanaa fihi wa 'ath'imna khairan minhu. (Ya Allah, berilah keberkahan kepada kami di dalam makanan itu dan berilah makan kepada kami dengan makanan yang lebih baik).

Jika salah seorang di antara kalian makan, tetapi dia lupa menyebut nama Allah, maka hendaklah dia membaca, "Bismillâhi Awwalahu wa Akhirahu" (Dengan menyebut nama Allah di awal dan di akhirnya). (HR at-Tirmidzi)

2. Menggunakan Tangan Kanan
Ibnu 'Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: "Jika di antara kalian makan, hendaklah dia makan salah seorang dengan tangan kanannya. Dan jika dia minum, hendaklah dia minum dengan tangan kanan. Karena setan itu selalu makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri." (HR Muslim)

Sebagaimana makan dan minum dengan tangan kanan, kita juga diperintahkan mengambil atau memberi sesuatu dengan tangan kanan. Dengan demikian, kita dapat menutup semua pintu yang akan dimasuki setan. "Jika ada uzur yang menyebabkan seseorang tidak dapat makan atau minum dengan tangan kanan baik berupa sakit, luka, maupun uzur lainnya, dia boleh makan atau minum dengan tangan kiri." (Syaikh an-Nawawi, dalam penjelasan Shahih Muslim)

3. Makan dengan Posisi Duduk, Tidak Bersandar
Rasulullah ﷺ pernah bersabda: "Aku tidak makan sambil bersandar. Aku adalah seorang hamba, maka aku minum seperti minumnya hamba dan makan pun seperti makannya seorang hamba."

Meski ada riwayat menyebutkan Nabi pernah minum sambil berdiri, namun lebih afdholnya dan lebih selamat adalah dengan posisi duduk. Dari Anas bin Malik berkata:

عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا

Dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwasanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri." Qatadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), "Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?" Anas menjawab: "Itu lebih parah dan lebih jelek." (HR Muslim)

Tiga jenis duduk yang dianjurkan ketika makan:
- Duduk iq'a (menegakkan kedua telapak kaki lalu duduk di atas kedua tumitnya).
- Duduk bertumpu pada kedua lutut dan punggung telapak kaki.
- Duduk di atas kaki kiri dan menegakkan kaki kanan. Perlu diingat, bukan berarti makan di atas kursi dilarang oleh syariat. Hanya saja makan dengan posisi duduk dapat menjauhkan seorang hamba dari sifat sombong.

4. Makan dengan Menggunakan Jari
Rasulullah ﷺ lebih menyukai makan dengan tangan dan jari daripada alat makan seperti sendok atau garpu. Beliau mengajarkan bahwa ini adalah cara yang lebih alami sesuai fitrah manusia.

Makan menggunakan jari-jari tangan merupakan kebiasaan Rasulullah yang bernilai ibadah dan sangat baik untuk kesehatan. Bagi yang melakukannya juga mendapat keberkahan dan pahala sunnah. Sedangkan makan menggunakan sendok garpu hanyalah kebiasaan orang-orang di luar Islam. Meskipun boleh dalam keadaan tertentu, tapi cara itu tidak bernilai ibadah.

5. Tidak Meniup Makanan dan Minuman
Apabila makanan dalam keadaan panas, sebaiknya didinginkan dulu. Tidak diperkenankan meniup makanan atau minuman yang panas. Apabila hendak bernafas, maka lakukanlah di luar gelas. Hadis dari Abu Sa'id al-Khudri radhiyallahu 'anhu bahwa: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarang meniup (dalam gelas) ketika minum." (HR Tirmidzi)

6. Tidak Mencela Makanan
Nabi mengajarkan untuk tidak mencela makanan atau memilih-milih makanan. Beliau menghargai setiap jenis makanan yang diberikan dan bersyukur atas nikmat tersebut.

مَا عَابَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعاَماً قَطُّ إِنِ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ وَ إِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ

"Rasulullah ﷺ tidak pernah mencela makanan. Apabila beliau berselera (menyukai makanan yang telah dihidangkan) beliau memakannya. Jika tidak suka (tidak berselera), maka beliau meninggalkannya." (HR Al-Bukhari dan Muslim)

7. Mengunyah dengan Baik dan Sempurna
Rasulullah ﷺ mengajarkan untuk mengunyah makanan dengan baik sebelum menelannya. Ini membantu dalam melancarakan pencernaan. Dalam hadis, beliau bersabda: "Kecilkan suapan dan baguskan mengunyahnya." Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Rasulullah ﷺ mengunyah makanannya sebanyak 33 kali.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)