10 Tips dari Imam al-Ghazali agar Doa Segera Diijabah

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 11:25 WIB
loading...
10 Tips dari Imam al-Ghazali agar Doa Segera Diijabah
Imam Al-Ghazali mengajarkan apabila seseorang hendak berdoa, memohonkan sesuatu yang dihajatkannya kepada Allah, hendaklah ia melakukan doa itu sebaik-baiknya dan secermat-cermatnya, dengan memelihara adab-adab doa. Foto ilustrasi/ist
A A A
Imam Al-Ghazali dalam kitabnya Ihya 'Ulumiddin telah mengajarkan apabila seseorang hendak berdoa, memohonkan sesuatu yang dihajatkannya kepada Allah, hendaklah ia melakukan doa itu sebaik-baiknya dan secermat-cermatnya, dengan memelihara adab-adab doa .

Berikut adab dan etika berdoa dari Imam Al Ghazali agar doa segera dikabulkan atau diijabah:

1. Pada waktu yang baik dan mulia, seperti pada hari Arafah, bulan Ramadhan, hari Jumat, sepertiga yang akhir dari malam dan pada waktu sahur.

2. Dalam keadaan yang mulia, seperti ketika bersujud dalam sembahyang, ketika berhadapan dengan musuh dalam pertempuran, ketika hujan turun, sebelum menunaikan sembahyang dan sesudahnya, ketika jiwa sedang tenang dan bersih dari segala gangguan setan dan ketika menghadap Kabah.

3. Dengan menghadap kiblat.

4. Merendahkan suara

5. Jangan bersajak, tetapi cukup dengan kata-kata biasa, sederhana, sopan dan tepat mengenai sesuatu yang dihajati. Dengan kata lain, dalam berdoa dilakukan dengan irama-irama tertentu, sebagaimana yang pernah dilakukan oleh penggubah-penggubah doa dalam bahasa Arab. Dan sebaiknya memilih lafal-lafal doa yang datang dari Rasulullah SAW.

6. Bersikap khusyuk dan tadharru, ' yakni merasakan kebesaran dan kehebatan Allah dalam jiwa kita yang halus.

7. Mengokohkan kepercayaan bahwa doa itu akan diperkenankan Allah dan tidak merasa gelisah jika doa itu tidak diperkenankannya.

8. Mengulang-ulang doa tersebut dua tiga kali, khususnya tentang doa yang berkaitan dengan sesuatu yang sangat diutamakan atau diinginkan sekali.

9. Menyebut (memuji) Allah pada permulaannya.

10. Bertobat sebelum berdoa dan menghadapkan diri dengan sesungguhnya kepada Allah.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)