Doa Husnul Khatimah yang Diajarkan Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq

Selasa, 12 September 2023 - 17:58 WIB
loading...
Doa Husnul Khatimah yang Diajarkan Sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq
Pemakaman Baqi di sebelah Masjid Nabawi Madinah merupakan kuburan tersuci di dunia. Di sinilah para sahabat dan keluarga Nabi yang mulia dimakamkan. Foto/ist
A A A
Doa husnul khatimah yang diajarkan Abu Bakar Ash-Shiddiq ini sangat baik diamalkan umat muslim. Sebagaimana diketahui, Abu Bakar adalah salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.

Dalam Hadis, Rasulullah ﷺ pernah bersabda: "Sebaik-baik orang dari umat ini setelah Nabinya adalah Abu Bakar." (HR Ahmad). Beliau radhiyallahu 'anhu wafat pada usia 63 tahun karena sebab sakit. Dimakamkan di samping makam Nabi Muhammmad ﷺ di Kompleks Masjid Nabawi Madinah.

Wafat dalam keadaan husnul khatimah (akhir yang baik) merupakan impian setiap muslim. Karena itu, seorang muslim hendaknya mengisi hidupnya dengan amal saleh. Barangsiapa yang mengucapkan kalimat لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ (laa ilaah illallaah) maka ia masuk surga).

Anjuran Berdoa Memohon Husnul Khatimah
Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam Kitab An-Nashaih Ad-Diniyyah mengatakan, setiap muslim harus senantiasa berdoa agar Allah Ta'ala berkenan mewafatkannya dalam husnul khotimah. Karena setan yang terkutuk akan berkata: "Aduhai! Orang yang memohon husnul khotimah itu telah mematahkan tulang belakangku, celaka, kapan ia mau membangga-banggakan amalannya, aku khawatir, ia telah mengetahui tipu dayaku."

Doa yang Diajarkan Abu Bakar
Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq mengajarkan doa husnul khatimah sebagaimana diketengahkan dalam Kitab Mushannaf ibn Abi Syaibah. Doa ini terdapat dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Muthallib bin 'Abdillah:

اللّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِيْ آخِيْرَهُ وَخَيْرَ عَمَلِيْ خَوَاتِمَهُ وَخَيْرَ أيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ

Allahummaj'al khaira 'umri Akhirahu wa khaira 'amali khawatimahu wa khaira ayyaami yauma al-qaaka."

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku pada akhirnya. Dan jadikanlah sebaik- baik amalku pada akhir hayatku, dan jadikanlah sebaik hariku pada saat aku bertemu dengan Engkau." (HR Ibnu Abi Syaibah)

Berikut Doa yang diajarkan Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad:

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالْخَيْرِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

Allahummakhtim lanaa bil Islaami, wakhtim lanaa bil iimaani, wakhtim lanaa bil khoiri, wakhtim lanaa bis sa'aadah, wakhtim lanaa bihusnil khootimah.

Artinya: "Ya Allah akhirilah hidup kami dengan Islam, dengan membawa iman, dengan kebaikan, dengan kebahagiaan dan dengan husnul khotimah."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2185 seconds (0.1#10.140)