alexametrics

Fashion dan Kecantikan Muslimah

Menghindari Tabarruj Saat Berjilbab Syar'i, Bagaimana Caranya?

loading...
Menghindari Tabarruj Saat Berjilbab Syari, Bagaimana Caranya?
Dalam berbusana muslimah harus memperhatikan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh syariat, salah satunya tidak boleh tabarruj. Foto ilustrasi/ist
Islam mensyariatkan perempuan muslimah untuk menutup aurat. Salah satunya dengan memakai busana syar'i, agar perhiasan dan kecantikan muslimah ini tertutup, apalagi ketika mereka berada di luar rumah atau di hadapan laki-laki yang bukan suami atau mahramnya.

Saat ini mode busana muslimah sudah sangat beragam. Mencari busana yang syar'i pun sudah sangat mudah bisa kita dapatkan. Kain tebal, baju longgar, jilbab panjang dan warna pun banyak pilihan. Tak jarang busana-busana syar'i ini dihiasi pula dengan beragam aksesories seperti bordiran, renda, ukiran, motif dan yang sejenisnya.

Tujuan penambahan aksesories atau hiasan pada pakaian syar'i tersebut, umumnya dipakai dengan tujuan semakin memperindah penampilan. Nah, apakah pakaian mode syar'i seperti ini termasuk tabarruj?

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin pernah diajukan pertanyaan seperti itu. “Akhir-akhir ini muncul di kalangan wanita (model) ‘abayah (pakaian luar/baju kurung) yang lengannya sempit dan di sekelilingnya (dihiasi) bordir-bordir atau hiasan lainnya. Ada juga sebagian ‘abayah wanita yang bagian ujung lengannya sangat tipis.”



Syaikh al Utsaimin menjawab, “Kita mempunyai kaidah penting (dalam hal ini), yaitu (hukum asal) dalam pakaian, makanan, minuman dan (semua hal yang berhubungan dengan) mu’amalah adalah mubah/boleh dan halal. Siapapun tidak boleh mengharamkannya kecuali jika ada dalil yang menunjukkan keharamannya. (Baca juga : Keutamaan dan Dahsyatnya Pahala Berzikir)

Sesuai dengan dalil dalam Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW. Allah Ta'ala berfirman:



هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعاً

“Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kalian” (QS Al-Baqarah: 29).

Dan Firman-Nya:
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
cover top ayah
سَنَدۡعُ الزَّبَانِيَةَ
Kelak Kami akan memanggil Malaikat Zabaniyah, (penyiksa orang-orang yang berdosa),

(QS. Al-'Alaq:18)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak