Kelahiran Nabi Muhammad SAW Rahmat Terbesar Allah untuk Alam Semesta

Senin, 18 September 2023 - 16:31 WIB
loading...
Kelahiran Nabi Muhammad SAW Rahmat Terbesar Allah untuk Alam Semesta
Kelahiran Nabi Muhammad SAW di Makkah 14 abad lebih lalu diiringi dengan berbagai keajaiban dan peristiwa menakjubkan. Foto/ist
A A A
Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ bukanlah peristiwa biasa melainkan di dalamnya terdapat hikmah yang sangat agung. Kelahiran beliau merupakan rahmat terbesar Allah untuk alam semesta.

Nabi Muhammad ﷺ dilahirkan di Makkah pada Hari Senin 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (571 Masehi). Kelahiran Nabi diiringi dengan berbagai keajaiban dan peristiwa menakjubkan. Seluruh langit dipenuhi cahaya dan penduduk langit ikut bergembira menyambut kelahiran sosok manusia paling agung tersebut.

Bahkan dalam riwayat disebutkan, ketika Nabi dilahirkan, cahaya keluar dari faraj Ibunda Aminah hingga menerangi istana negeri Syam. Dan masih banyak lagi peristiwa menakjubkan ketika beliau dilahirkan.

Rahmat Bagi Alam Semesta
Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ benar-benar menjadi rahmat besar bagi alam ini. Beliau disifati dengan gelar "Nabiyyu ar-Rahmah." Tidak heran jika umat Islam merayakan Maulid Nabi sebagai ungkapan cinta dan rasa syukur atas kelahiran Beliau.

Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani, ulama besar Makkah (wafat 1425 H atau 2004) menyatakan bahwa Maulid Nabi Muhammad ﷺ bukanlah hari raya. Maulid Nabi ﷺ sesungguhnya jauh lebih agung dan lebih mulia daripada dua hari raya umat Islam, yakni Idul Fitri dan Idul Adha. (Hawla al-Ihtifaal bi Dzikr al-Mawlid an-Nabawi asy-Syariifi, hlm 10-11).

Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki juga mengemukakan: "Andai tak ada kelahiran Nabi Muhammad ﷺ, tentu tak akan pernah ada Bi'tsah (pengutusan Muhammad sebagai Rasul kepada manusia); tidak akan turun Al-Qur'an; tidak akan ada peristiwa Isra' Mikraj; tidak akan ada Hijrah: tidak akan ada kemenangan dalam Perang Badar; juga tak akan ada Penaklukan Makkah. Sebabnya semua itu berkaitan dengan kelahiran (maulid) Nabi Muhammad ﷺ. Artinya, Maulid Nabi Muhammad ﷺ adalah sumber segala kebaikan yang sangat besar." (Sayyid Muhammad bin 'Alawi al-Maliki al-Hasani, Hawla al-Ihtifaal bi Dzikr al-Mawlid an-Nabawi asy-Syariifi, hal 13)

Itulah di antara hikmah besar kelahiran Nabi Muhammad ﷺ. Sungguh beruntung orang-orang yang mencintai beliau, mengikuti sunnahnya dan meneladani akhlak beliau.

Baginda Rasulullah ﷺ pernah bersabda:

«... فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ الْمَهْدِيِّيْنَ فَتَمَسَّكُوْا بِهَا وَعَضُّوْا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ ...»

"...Karena itu hendaknya kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah Khulafaur Rasyidin yang mendapat petunjuk. Berpegang teguhlah dengan sunnah itu dan gigitlah sunnah-sunnah itu dengan gigi-gigi geraham kalian (peganglah dan amalkan dengan kuat)..." (HR Ahmad, Abu Dawud Ibnu Majah dan at-Tirmidzi)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)